Giliran Komisi IV Kunker ke Luar Negeri

Gedung DPR-MPR.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Selain Komisi IX, Komisi IV DPR  juga melakukan kunjungan kerja ke luar negeri, akhir tahun ini. Komisi yang membidangi Pertanian akan mengunjungi Amerika Serikat, Jepang, China, dan India.

Kunjungan Komisi IV ini untuk persiapan penyusunan RUU Pangan dan RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. "Studi banding ini sangat penting karena berkaitan dengan sistem tarif, proteksi, lembaga keuangan petani, subsidi, promosi, asuransi pertanian, lembaga pangan, serta peran dan keterlibatan pemerintah, swasta, dan masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron, Senin 5 Desember 2011.

Politisi Demokrat ini menjelaskan hasil kunjungan kerja ke negara-negara tersebut akan menjadi bahan dalam merumuskan RUU Pangan maupun RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani yang ideal. "Tentunya lain negara lain cara, dan kita ingin mencari konsep yang ideal," kata Herman.

Tim yang akan berangkat terdiri dari empat kelompok. Ketua Komisi IV M Romahurmuziy memimpin rombongan ke Amerika Serikat. Firman Soebagyo dari Fraksi Golkar memimpin rombongan ke Cina, Ana Muawanah dari Fraksi PKB memimpin rombongan ke India. Adapun Herman mendapat tugas memimpin rombongan ke Jepang.

Sebelumnya, Komisi IX yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan mengunjungi Korea Selatan dan sedang menjajaki Hongkong untuk menyiapkan RUU Perlindungan Tenaga Kerja di Luar Negeri serta kemungkinan ke Brazil dan Austria untuk persiapan RUU Keperawatan. (eh)

Gandeng Animator Indonesia, 3 Hal Harus Diketahui dari Film Kingdom of the Planet of the Apes
Pemain Persija merayakan gol

Turnamen Internasional: Persija dan PSIS Hadapi 2 Klub Liga Malayisa di JIS

Dua klub Liga 1 Persija Jakarta dan PSIS Semarang bakal berhadapan dengan dua klub Liga Malaysia, Selangir FC dan Sabah FA dalam Turnamen bertajuk RCTI Premium Sports.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024