Wiranto: 2014, Suara Hanura 7,2 Persen

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat Wiranto optimistis partainya bisa meraup suara 7,2 persen dalam Pemilu 2014. Dengan target itu, Hanura membidik masing-masing satu kursi Dewan Perwakilan Rakyat dari setiap daerah pemilihan.

"Hanura optimistis, dengan gerak kita yang simultan di seluruh wilayah, Insya Allah, Hanura bisa mendapat satu kursi untuk satu dapil untuk DPR pusat," kata Wiranto dalam Rapat Kerja Nasional I Hanura dan Hari Ulang Tahun ke-5 Hanura di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa 20 Desember 2011.

"Pesimisnya, dari hasil yang lalu, dengan segala keterbatasannya, Hanura mencapai 3,7 persen," kata Wiranto. Oleh karena itu, Hanura merasa wajar jika bisa meraih 7,2 persen. Kini dengan kesiapan yang lebih prima, organisasi yang lebih solid, finansial yang cukup, dan kesiapan pemenangan Pemilu yang lebih lengkap, penambahan perolehan suara bukan suatu yang tidak mungkin.

Ambang Parlemen

Wiranto juga meminta partainya mencermati dinamika politik mengenai parliamentary threshold atau ambang parlemen. Wiranto meminta pada fraksi Hanura untuk tetap bersikap rasional mengenai PT.

"Sebagai partai politik, Hanura harus terlibat dalam dinamika politik yang ada," katanya. "Saya telah meminta teman-teman DPR untuk mengmbil sikap rasional." Sikap Hanura, meski tidak gentar dengan angka 5 persen, tapi memperjuangkan angka 3 persen.

Sementara mengenai jumlah kursi per daerah pemilihan, Hanura bersikap ketentuan yang lama yaitu 77 daerah pemilihan dengan kisaran kursi tiap dapil 3 sampai 10 kursi. "Memperkecil dapil atau alokasi kursi menggambarkan kerakusan politik yang tujuannya sangat vulgar yaitu menggembosi partai politik yang berkembang saat ini," kata Wiranto.

Teuku Ryan Diusir Ria Ricis dari Rumah? Ini Penjelasan Sebenarnya!
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Finalisasi Struktur Kabinet Prabowo-Gibran Masih Jauh

Penyusunan kabinet pemerintahan baru Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, masih jauh. Walau partai koalisi sudah mengangkat sejumlah kadernya yang dianggap mumpuni.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024