Ical:

Suami Istri Saja Pecah, Apalagi Kepala Daerah

Aburizal Bakrie
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie menilai maraknya pecah kongsi antara kepala daerah dan wakilnya bukan karena kesalahan sistem.

"Apapun sistemnya, tidak ada jaminan mereka akan bersama. Jangankan diangkat DPRD, diangkat oleh rakyat saja tetap bisa pecah," kata Ical dalam acara bincang santai akhir tahun 2011 dengan wartawan, di DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa 27 Desember 2011. Hal ini menanggapi pertanyaan wartawan mengenai solusi pecah kongsi diatasi dengan perubahan undang-undang soal mekanisme penunjukan wakil kepala daerah.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

"Suami istri yang tidur bersama saja bisa pecah apalagi kepala daerah."

Seperti diketahui akhir-akhir ini dua wakil kepala daerah mundur dari jabatannya di tengah jalan. Dimulai dengan Wakil Bupati Garut Dicky Candra, kemudian Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menyusul mundur.

Kemudian muncul wacana revisi UU 32 tentang Pemerintah Daerah yang mencantumkan bahwa wakil kepala daerah diusulkan ke DPRD oleh kepala daerah terpilih.

Ical mengatakan sistem itu juga tidak jaminan mereka akan harmonis nantinya. Sebab bukan di situ masalah ketidakharmonisannya.

"Masalahnya apakah ada pembagian tugas yang jelas antara keduanya. Di mana wewenang dan tugas masing-masing. Tanpa itu akan pecah, apapun sistemnya," paparnya.

Selain itu, Ical juga berpesan seharusnya kepala daerah menerima jabatan sebagai sebuah amanah dari rakyat. Dengan itu seorang pejabat atau pemimpin tidak akan turun di tengah jalan apa pun alasannya. "Perlu ditanamkan jabatan adalah pengabdian, bukan perebutan hak," tukasnya. (eh)

Laporan: Dian Widiyanarko

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024