Anas: 2012, Revisi UU Pemilu Harus Selesai

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum
Sumber :
  • ANTARA/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Umum DPP Demokrat, Anas Urbaningrum, menyatakan bahwa RUU Pemilu merupakan salah satu hal yang mendesak untuk dapat diselesaikan pada awal tahun 2012. Menurut Anas, UU Pemilu tersebut diperlukan sebagai landasan hukum yang lebih baik.

"Kita memang membutuhkan UU Pemilu yang lebih baik, lebih lengkap, lebih cocok dan lebih sempurna sebagai landasan hukum yang pasti serta menjamin peningkatan daya representasi dan akuntabilitas politik hasil pemilu," kata Anas  dalam pesan singkat kepada wartawan, Jumat 30 Desember 2011. 

Tetapi, lanjut Anas, pada saat yang sama juga Komisi Pemilihan Umum membutuhkan waktu persiapan dan pelaksanaan yang cukup. "Persiapan yang tertata rapi dan memadai dari segi waktu adalah salah satu faktor yg menjamin electoral process berjalan baik," kata Anas yang juga pernah jadi komisioner KPU itu.

Karena itulah, menurut Anas, penuntasan UU Pemilu harus mendapatkan prioritas yang utama. Kesepakatan-kesepakatan yang rasional dan berbasis komitmen untuk meningkatkan efektifitas demokrasi di dalam merumuskan pasal-pasal UU Pemilu harus diikhtiarkan dengan sungguh-sungguh.

"Jangan sampai UU Pemilu selesainya telat dan pasti itu akan punya konsekuensi terhadap proses penyelenggaraan dan hasil pemilu 2014," kata Anas. (eh)

Bus Maut yang Dipakai Rombongan SMK Lingga Kencana Ternyata Tak Ada Izin Angkutan dan Sudah Tua
Pencarian korban banjir lahar Marapi

Korban Tewas Banjir Lahar Dingin Marapi Terus Bertambah, Lebih dari 200 Warga Mengungsi

Jumlah korban meninggal dunia akibat banjir lahar dingin Gunung Marapi di Sumatera Barat atau Sumbar terus bertambah

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024