Pilkada Aceh Ditetapkan 9 April

Simulasi Pemilu di Aceh
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akhirnya menetapkan pemungutan suara Pilkada Aceh dilaksanakan pada 9 April 2012. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno yang diikuti perwakilan KIP Kabupaten/Kota.

Komisioner KIP Aceh Yarwin Adidarma mengatakan jadwal itu ditetapkan mengingat masih ada daerah yang belum melakukan beberapa tahapan Pilkada. Jadwal itu dinilai cukup memadai untuk mengelar pilkada serentak di 17 kabupaten/kota.

"Jadi ini atas berbagai pertimbangan dan masukan dari KIP Kabupaten/Kota yang mana ini juga menampung putusan MK itu juga yang mana selambat-lambatnya 9 April 2012," kata Yarwin di Aceh, pada Senin 30 Januari 2012.

Yarwin mengatakan daerah yang paling tidak siap melaksanakan pilkada adalah Kabupaten Pidie. Mereka, kata Yarwin, sama sekali belum menyiapkan tender logistik dan juga bermasalah dengan anggaran Pilkada.

"Ada juga beberapa KIP kabupaten/kota yang sudah menerima pendaftaran calon perseorangan ini membutuhkan verikasi faktual di lapangan," ujarnya.

Dengan penetapan itu, Yarwin berharap KIP Kabupaten/Kota dapat bekerja maksimal dalam menyelengarakan Pilkada Aceh. Dia juga berharap tidak ada lagi perubahan jadwal Pilkada Aceh. "Kita ingin supaya tidak ada masalah di seluruh daerah. Yang tadinya tidak ada anggaran, mudah-mudahan sudah ada anggarannya. Dengan tahapan ini jangan ada lagi perubahan apapun dan kendala di derah masing-masing maupun di provinsi," ujarnya.

Tahapan Pilkada Aceh telah bergeser beberapa kali. Awalnya Pilkada Aceh ditetapkan digelar pada 14 November 2011, karena adanya konflik para elit politik di Aceh. Kemudian, pilkada digeser lagi pada 24 Desember 2011.

Setelah adanya putusan MK atas gugatan kandidat yang dilayangkan TA Khalid dan Fadlullah pada Desember 2011, KIP menetapkan Pilkada 16 Febuari 2012. Terakhir, atas gugatan Kemendagri, akhirnya KIP menetapkan pilkada digelar pada 9 April 2012.

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024