Politisi Sulut: Saya Dapat Uang dari Anas

Ketua Umum Partai demokrat Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Dugaan praktik politik uang Anas Urbaningrum dalam pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat pada kongres di Bandung 2010 mulai muncul. Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Diana Maringka, mengaku mendapat sejumlah uang dari tim pemenangan Anas.

"Betul, saya dapat. Pemberiannya bertahap. Pertama saya diberi Rp30 juta. Lalu yang kedua US$2000. Dan pemberian ketiga diberikan pada hari pemilihan, US$5000," ujar Diana saat dihubungi VIVAnews, Kamis 9 Februari 2012.

Menurut Diana, sebanyak 11 pengurus cabang di Sulawesi Utara juga mendapatkan uang dari tim sukses Anas. Dia tahu, karena saat pemberian uang dikumpulkan di hotel dan dipanggil satu persatu.

Bukan hanya pengurus di Sulawesi Utara yang menerima dana segar itu. Diana mengatakan, peserta kongres dari daerah lain juga mendapatkan sejumlah uang. Namun berapa jumlahnya, dia tidak mengetahui pasti.

"Saya tidak tahu peserta lain dapat berapa. Karena kan ada timnya. Mereka dapat lebih, saya juga tidak tahu," jelasnya.

Selain sejumlah uang, Diana juga diberikan Blackberry Gemini. Juga oleh tim sukses Anas. Pemberian seluler pintar itu diberikan pada awal menjelang kongres. "Semua peserta dapat kok Blackberry dari tim Anas," ucapnya. 

Siapa tim sukses yang memberikan, Diana hanya tertawa dan tidak bersedia menjawabnya. "Nanti saja. Tim sukses yang memberikan orang dari DPP. Katanya uang ini untuk pemenangan Anas," katanya.

Terpopuler: Ini yang Terjadi Jika Wanita Konsumsi Viagra, Waktu Tidur Bisa Pengaruhi Kondisi Mental

Rekayasa

Saat dikonfirmasi seorang mantan ketua tim sukses Anas Urbaningrum yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok, membantah pengakuan Diana.

"Mana ada itu. Itu pasti ada yang merekayasa. Sama saja seperti penyembelihan sapi yang sadis di rumah potong, itu ternyata kerjaan eksportir daging," kata Mubarok kepada VIVAnews.

Viral, Mempelai Pria Ini Ijab Kabul Seperti Komentator Sepakbola

"Tidak ada orang terima uang itu mengaku," lanjut Mubarok. (ren)

Pemain Timnas Indonesia U-23

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie

Artikel mengenai Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia berada di posisi terpopuler pertama pada kanal trending

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024