BPK Belum Serahkan Audit Kinerja KPK ke Komisi III

Mantan Dirjen Pajak Hadi Purnomo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih memproses audit kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hingga kini, hasil audit itu belum bisa diserahkan kepada Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat.

"Masih diproses, tunggu saja," kata Ketua BPK, Hadi Purnomo di Gedung DPR, Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

Menurut Hadi, permintaan Komisi III kepada BPK hanyalah audit kinerja KPK, bukan audit untuk tujuan tertentu. Dia menambahkan, selama ini, 20 persen audit yang dilakukan lembaganya merupakan audit kinerja. KPK, kata dia, juga bukan satu-satunya lembaga yang diaudit.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

"BPK sering melakukannya, bukan pertama kali. Hampir 20 persen dari pemeriksaan kami itu di kinerja," ungkap dia.

Sebelumnya, Komisi III ke BPK. Namun, Koalisi Penegak Citra Parlemen menilai permintaan itu termasuk hal yang ganjil. Sebab, permintaan DPR kepada BPK bukanlah permintaan audit kinerja, tetapi audit dengan tujuan tertentu.

Namun, tudingan itu oleh anggota Komisi III DPR, Eva Kusuma Sundari. Menurut dia, hasil audit kinerja itu akan digunakan sebagai input revisi Undang-Undang KPK.

Audit kinerja KPK itu, tambah Eva, untuk memastikan apakah tugas pokok fungsi sesuai undang-undang terpenuhi. Menurut dia, audit yang diminta itu juga tidak terkait dengan laporan keuangan di KPK.

Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024