PDIP Umumkan Tujuh Sikap Politik

sorot kampanye pdip - PDIP dalam sebuah momen kampanye pada Pemilu 2014.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id - Kongres IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi ditutup Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDIP Megawati Soekarnoputri. Kongres PDIP IV melahirkan tujuh rekomendasi sikap politik yang diberi tajuk 'Mewujudkan Indonesia Raya Indonesia yang Sejati-jatinya Merdeka'.

Sikap politik ini disebut sebagai penyempurnaan dari sikap Kongres III PDIP 2010 lalu. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto membacakan sikap tersebut jelang penutupan kongres.

Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

Berikut tujuh sikap politik PDIP:

1. PDIP menegaskan akan terus berjuang memastikan, mengarahkan, mengawal, dan mengamankan kebijakan-kebijakan politik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat agar tetap mengandung satu muatan, satu arah, serta satu haluan ideologi, Pancasila 1 Juni 1945, berpijak pada konstitusi UUD 1945 dan memilih jalan Trisakti yang tidak hanya di atas kertas.

2. PDIP menegaskan akan terus berjuang memastikan, mengarahkan, mengawal dan mengamankan program-program kerja yang diputuskan Pemerintah Pusat sebagai pemenuhan terhadap janji-janji kampanye, sebagai upaya pelaksanaan jalan Trisakti yang merupakan pemenuhan amanat Pancasila 1 Juni 1945 dan konstitusi UUD 1945, yang juga program kerja dan cita-cita partai.

3. PDIP menegaskan jalan Trisakti adalah satu-satunya pilihan untuk mewujudkan kedaulatan di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

4. PDIP bertekad mengobarkan kembali jiwa bangsa yang bermartabat, bergotong royong dan berkeadilan sosial, serta mewujudkan kehidupan politik yang menjamin kedaulatan politik rakyat.

5. PDIP bertekad meneguhkan diri sebagai poros kekuatan politik nasional yang menjadi perekat kebangsaan dan penjaga kebhinekaan Indonesia di mana perbedaan dan keanekaragaman budaya, bahasa, suku, dan agama adalah taman sarinya Indonesia.

6. PDIP menegaskan keberpihakannya pada rakyat Marhaen sebagai kekuatan produksi nasional yang menopang berjalannya sistem ekonomi kerakyatan guna melakukan koreksi terhadap berjalannya sistem ekonomi neo-liberal dan neo-kapitalis.

7. PDIP bertekad melawan kemiskinan struktural dan mencegah berbagai bentuk penghisapan guna melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, serta menjamin terpenuhinya hak dasar warga negara Indonesia.

![vivamore="
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma
Baca Juga :"]
Mematahkan Peluang Tanpa Tanding Ahok

[/vivamore]
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal mengelak menjawab soal nama Risma.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016