Demokrat Bahas Syarat Jadi Calon Ketua Umum

Sumber :
VIVA.co.id
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi
- Wakil Ketua Umum partai Demokrat, Agus Hermanto, mengungkapkan pihak panitia inti atau Steering Committee (SC) Kongres di Surabaya masih membahas ambang batas seorang kader untuk bisa menjadi calon Ketua Umum. Agus membantah pernyataan anggota SC Ruhut Sitompul yang menyatakan ambang batas pencalonan bakal naik menjadi 40 persen.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

"Dari pembicaraan yang kita finalkan, itu memang masih posisi pada 30 persen. Sehingga kalau ada yang berwacana 40 persen, sepertinya tidak," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Senin 27 April 2015.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon


Meski Agus mengaku jika sebelumnya ada pernyataan dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan batas minimal dukungan 20 persen. Namun, ia tak menampik bila apa yang disampaikan SBY bisa jadi sebuah kemungkinan.


"Mungkin bisa juga 20 persen. Ini masih dilihat. Ini, kan, kita masih berkembang, sampai keluar Tatibnya. Ya memang yang kita bicarakan masih berkisar 20-30 persen," katanya.


Wakil Ketua DPR RI itu meyakini berapapun batas minimal dukungan, SBY tetap menjadi calon terkuat Ketua Umum partai berlambang bintang mercy tersebut. Bahkan kemungkinan terpilihnya SBY secara aklamasi dalam kongres Mei mendatang masih sangat besar.


"Aklamasi di Partai Demokrat bukan diciptakan. Aklamasi akan datang sendiri manakala seluruh Ketua DPC memberikan suaranya pada SBY. Aklamasi itu adalah bagian dari demokrasi yang paling hakiki. Meningkatkan elektabilitas di 2014 dan 2019. Sepakat semuanya itu dipimpin SBY," kata Agus. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya