Kalah Praperadilan, Komisi III Akan Panggil Pansel KPK

Ruhut Sitompul
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Anggota komisi III DPR RI, Ruhut Sitompul mencatat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiga kali kalah dalam sidang praperadilan. Dengan kekalahan ini, Ruhut melihat ada kelemahan KPK yang harus dibenahi agar tidak terulang.

Praperadilan 'Peran Boediono' di Kasus Century Ditolak

"Makanya kita akan undang panitia seleksi (Pansel) pimpinan KPK. Yang sembilan orang wanita itu," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 2015.

Ruhut mengatakan, Komisi III DPR akan berkonsultasi dengan Pansel KPK agar dapat menghasilkan pimpinan KPK yang baik, dan bisa mengembalikan wibawa KPK. Pansel harus bisa mencari sosok pimpinan yang dibutuhkan KPK.

Praperadilan 'Peran Boediono' di Century Diputus Hari Ini

"Kelemahan KPK ini ada di internal KPK sendiri. Ini harus diperbaiki. Kalau KPK begini kita yang milih juga ngerasa disalahkan,"ujarnya menambahkan.

Poitisi Demokrat ini percaya, Pansel KPK bisa memilih orang yang tepat sebelum diserahkan ke Komisi III DPR RI. Karena, sebelum dilantik calonĀ  pimpinan KPK ini harus ikut uji kelayakan.

KPK Berharap MA Kabulkan PK Kasus Hadi Poernomo

"Mereka semua orang baru. Kita harap tidak ada intervensi. Mereka bisa hasilkan pimpinan KPK yang baik," katanya.

Ia berharap, ke depan tidak ada lagi kekalahan KPK dalam praperadilan. Selain itu, tak boleh ada lagi nuasa politis dalam komposisi pimpinan KPK.

"KPK harus punya dua alat bukti yang kuat sebelum menetapkan seseorang sebagai tersangka. Biar nggak ada praperadilan lagi."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya