Siapa Peminta Saham Freeport, Ruhut Beri Petunjuk "Komandan"

Pemilihan Ketua KPK Baru
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Siapa identitas anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang mencatut nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam persoalan kontrak PT Freeport Indonesia, masih belum terjawab.

Kejaksaan Lanjutkan Pemeriksaan Setya Novanto Pekan Depan

Anggota Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul memberikan sedikit petunjuk, siapa yang diduga mencatut nama Presiden dan Wapres untuk meminta saham PT Freeport.

"Kita tunggu MKD nanti akan memanggil 'komandan' itu," kata Ruhut saat ditemui di DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 16 November 2015.

Mendengar Ruhut menyebut kata "komandan", para wartawan segera mengorek keterangan lebih dalam. Komandan siapa?

"Ya kalian tahulah komandan itu. Ya kan kalian tahu komandan kami siapalah, kan kalian tahu," ujar Ruhut.

"Clue-nya?" desak para wartawan.

"Halah, kalian juga sudah tahulah. Aku aja tahu, apalagi kalian," seloroh pemeran Si Poltak dalam sebuah sinetron di TV swasta.

Terlepas dari siapa sang anggota DPR itu, Ruhut menilai laporan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said harus disikapi secara positif. Dia berharap MKD segera bekerja.

"Saya dengar ada beberapa nama, ada di rekaman, ya kita tunggu. Ya pengusaha disebut juga, dari DPR satu orang disebut juga," ujar Ruhut.

Walaupun MKD adalah lembaga etika, Ruhut berpendapat bahwa asas praduga tak bersalah harus tetap dipegang. Meskipun bagi dia, siapa oknum tersebut sudah menjadi rahasia umum.

"Kalian tahu juga siapa. Aku hanya memohon jagalah nama baik DPR. Kalau merasa tidak benar, laporkan saja Sudirman Said ke polisi," kata Ruhut.

Beberapa saat yang lalu, Ketua DPR Setya Novanto menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Novanto sekaligus memberikan klarifikasi kepada Kalla soal rumor dirinya mencatut nama Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla demi meminta jatah PT Freeport.

"Ya, saya harus menyampaikan karena saya tidak pernah menggunakan masalah-masalah ini untuk kepentingan yang lebih jauh. Jadi saya nggak pernah membawa nama-nama Presiden atau Wapres," kata Novanto. (ase)

Jaksa Agung Keluhkan Tak Hadirnya Setya Novanto
Tambang Freeport di Papua.

'Belum Ada Kesepatakan Harga Saham Freeport'

Saat ini, Kementerian ESDM masih membicarakan parameternya.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016