Fraksi Demokrat: Tito Karnavian Pantas Jadi Kapolri

Komjen Tito Karnavian
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan menanggapi soal penunjukan Komjen Polisi Tito Karnavian sebagai calon kapolri (cakapolri) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Demokrat merespons positif soal sosok Tito.

Tito Karnavian Minta Anak Buah Lapor Harta ke KPK

"Tito perwira yang cukup cemerlang, kariernya juga cukup lumayan bagus," kata Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 15 Juni 2016.

Saat ditanya pendapat Demokrat soal kelayakan Tito sebagai calon kapolri, ia kembali menegaskan Tito selama ini memiliki performa yang baik. Namun soal lolos tidaknya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tersebut di uji kepatutan dan kelayakan, sepenuhnya menjadi hak Komisi III yang mengurusi soal hukum. 

Badrodin Akui Polri Tak Solid saat Awal Kepemimpinannya

"Cukup bagus. Tapi untuk detailnya kami lihat di fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan)," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menyampaikan surat kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait nama calon kapolri. Tito Karnavian menjadi calon tunggal yang diusung Presiden untuk disetujui atau ditolak Parlemen.  

Tito: Proses Politik Selesai, Selanjutnya Terserah Presiden

Nama Tito sebelumnya tak gencar masuk dalam bursa calon kapolri. Meskipun secara syarat, Kepala BNPT tersebut memenuhi menjadi calon orang nomor satu di korps Bhayangkara. Jika lolos uji kepatutan, dia akan segera dilantik menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun pada akhir bulan Juli 2016.

Komjen Tito Karnavian dan Jenderal Badrodin Haiti.

Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri Tanggal 12 Juli

Tito merupakan calon Kapolri tunggal yang sudah disahkan oleh DPR.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2016