Kontroversi Full Day School

Fadli Zon Minta Siswa Jangan Dijadikan Kelinci Percobaan

Wakil Ketua DPR Fadli Zon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mewanti-wanti agar dunia pendidikan dan siswa jangan dijadikan kelinci percobaan. Pasalnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan menerapkan kebijakan full day school atau sekolah sepanjang hari.

Jokowi Segera Uji Coba Full Day School

"Jadi harus dikaji dengan matang dulu sebaiknya seperti apa. Baru kemudian diuji coba dan dibikin percontohannya dulu. Karena ini tidak mudah secara filosofis dan teknis," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2016.

Menurut Fadli, perlu ada kajian mendalam sebelum menelurkan sebuah kebijakan. Sebab, gagasan yang disampaikan Mendikbud menyangkut kesiapan siswa, orangtua, guru, dan infrastruktur sekolah serta perangkat kurikulum. Dampaknya, kebijakan ini akan mengubah gaya hidup.

Jokowi Minta Full Day School Diisi 'Penguatan Kebudayaan'

[Baca: Full Day School, Bumerang Menteri Pendidikan Baru]

"Ide ini harus dikaji secara mendalam, cermat, dampaknya seperti apa, kemudian baru disimulasikan. Jangan ada ide, diterapkan kemudian dikoreksi lagi. Namanya tidak ada perencanaan matang," kata politikus Partai Gerindra itu.

Alih-alih Perbaiki Sistem, Mendikbud Dinilai Meresahkan

Fadli menilai untuk posisi menteri, soal visi misi memang tidak diilikinya. Visi misi dimiliki presiden. Sehingga menteri hanya bertugas sebagai pelaksana dari perintah presiden.

"Ini jangan-jangan ide presiden. Tapi sekali lagi yang perlu kita cermati, jangan sampai ganti menteri ganti kebijakan. Ini adagium lama tapi masih terjadi," kata Fadli.

[Baca: Full Day School, Anggota DPR: Masih Ada SD Lantainya Tanah]

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya