Fadli Zon: Kontrak Politik Jadi Ukuran Integritas

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eka Permadi

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon menilai ukuran integritas seseorang bisa dilihat dari apakah yang bersangkutan menepati janjinya atau tidak dalam sebuah kontrak politik.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Kontrak politik adalah janji kalau terpilih akan laksanakan apa yang jadi keinginan warga. Janji di depan. Saya kira ukuran integritas seseorang menepati janjinya atau tidak," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.

Menurutnya, kontrak politik untuk mengikuti keinginan kelompok tertentu wajar saja. Sebab warga meyakini calon bersangkutan akan memenuhi tuntutan mereka. Kalau ada calon yang tak meneken kontrak politik maka menjadi pilihan bersangkutan.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

"Jadi kontrak politik tak masalah. Tinggal masalahnya dipenuhi tak janjinya itu. Orang kadang janji tidak ditepati. Jangan kontrak politik tak menggusur tapi kemudian menggusur. Seperti kejadian sekarang. Ada kontrak politik dengan warga tapi tetap digusur. Kalau itu mestinya bisa digugat juga sebagai kebohongan," kata Fadli.

Sebelumnya, Calon Gubernur DKI, Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Minggu 2  Oktober 2016. Dalam kunjungan itu, Anies meneken kontrak politik dengan warga.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Sementara itu, saat menyambangi warga di rumah susun (rusun) Sindang, Koja, Jakarta Utara, Selasa, 11 Oktober 2016, calon gubernur DKI lainnya Agus Harimurti berbicara soal sikapnya terkait kontrak politik.

"Saya paling menghindari janji-janji dalam bentuk kontrak politik. Buat saya bagi seorang gubernur, insya Allah terpilih, kontrak politik itu dilakukan pada saat dia sumpah dan dilantik menjadi gubernur," ujar Agus.

Anies Baswedan usai shalat jumat di Masjid Kubah Emas, Depok

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Anies Baswedan digadang-gadang bakal maju kembali pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali buka suara soal pengusungannya kepada Anies

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024