Pengacara Sebut Sri Bintang Rela Dipenjara Seumur Hidup

Sri Bintang Pamungkas
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Sri Bintang Pamungkas masih tetap membantah tuduhan makar yang disangkakan kepadanya. Aktivis di era Orde Baru itu juga terus menolak di-BAP (Berita Acara Pemeriksaan) oleh penyidik. Sri Bintang merasa haknya sebagai warga negara telah dirampas. Ia pun rela menghabiskan waktu seumur hidup di penjara selama hukum belum ditegakkan.

Viral Ucapan Gus Samsudin: Konten Tukar Pasangan Itu Dakwah, Saya Senang di Penjara

Hal ini disampaikan kuasa hukumnya, Razman Arief Nasution. Menurut Razman, selama ini hak-hak kliennya telah dirampas oleh penyidik sejak ditetapkan dan ditangkap sebagai tersangka dugaan makar. Bahkan penangguhan penahanan pun ditolak penyidik.

"Nah, sekarang kan beliau tidak dikeluarkan, diperiksa, di-BAP tanpa ada namanya penangguhan penahanan, kemudian ini dipaksakan juga, penahanan ditambah lagi, ya beliau bilang prinsipnya 'saya lebih baik di dalam daripada di luar kalau saya tidak bermakna untuk bangsa ini, selama hukum belum tegak'," terang Razman kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 22 Desember 2016

7 Pria Dieksekusi oleh Arab Saudi Gegara Tuduhan 2 Hal Mengerikan

Kepada Razman, Sri Bintang memilih untuk menghabiskan hidupnya di dalam tahanan apabila hukum tidak betul-betul ditegakkan.

"Ya, dia bilang 'selama hukum tidak tegak, saya lebih baik di dalam saja'. Biar aja dia di dalam untuk selamanya, yang penting hukum berjalan sebagaimana mestinya, kan aneh itu. Ya begitulah maunya," ucap Razman.

Jadi Relawan Prabowo, Eks Kapolda Metro Era Presiden Gus Dur Tak Khawatir Diserang Isu Makar

Razman mengatakan, sejak awal ditetapkan sebagai tersangka, Sri Bintang memang menolak di-BAP masalah substansi materi penyidikan soal dugaan makar. Sebab Sri Bintang merasa apa yang dia sampaikan ke MPR itu adalah aspirasinya, bukan makar.

"Ya, tidak mau," ucapnya.

Sebelumnya, Ernali, istri Sri Bintang pernah mengungkapkan bahwa suaminya ditangkap pada tanggal 2 Desember lalu setelah mengirimkan surat ke MPR/DPR, yang isinya salah satunya meminta dilakukan sidang istimewa untuk mencabut mandat Presiden Joko Widodo. Namun, sejumlah aktivis lainnya yang juga menjadi tersangka mengungkap bahwa agenda Sri Bintang itu berbeda dengan agenda para aktivis lainnya.

"Ya sudah kalau berbeda agenda lebih mudah lagi membacanya bahwa Pak Sri Bintang tidak punya pengaruh apa-apa," kata Razman.

Meski begitu, menurut Razman, kliennya itu juga memiliki keinginan yang sama dengan aktivis lainnya yaitu mengembalikan amandemen UUD 1945 ke UUD 1945 yang asli.

"Sri Bintang juga sama, minta negara diperkuat, hukum ditegakkan, dia cuma berkirim surat agar diganti pemerintahan kalau tidak ada perubahan dari hari ke hari, kan aspirasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya