KPU Yakin Pilkada 2017 Tak Ada yang Ditunda

Ketua Komisi Pemilihan Umum, Juri Ardiantoro.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.

VIVA.co.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum Juri Ardiantoro optimistis, penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 tidak ada yang tertunda. Hal itu berarti 101 wilayah akan menggelar pesta demokrasi secara serempak.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

"Kami optimis Pilkada Serentak 2017 akan betul-betul serentak, tidak seperti 2015 yang ada lima daerah dari 269 pilkadanya tertunda," kata Juri di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Desember 2016.

Juri menuturkan, sejauh ini persiapan Pilkada yang ada lancar tanpa kendala yang berarti atau mengganggu.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Kecuali ada beberapa daerah pada saat pencalonan, ada sengketa pencalonan, terkait dukungan parpol atau dukungan perseorangan. Tapi secara umum dapat diselesaikan," ujar Juri.

Saat ini, kata Juri, tahapan Pilkada yang sedang berjalan adalah tahapan kampanye. Beberapa daerah juga diketahui sudah menggelar debat Pilkada.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Ini momentum yang ditunggu, mendekatkan secara langsung kandidat menyampaikan visi-misi program, untuk bisa dilihat dan dipahami oleh masyarakat. Masyarakat pun akan bisa mempertimbangkan mana yang pas untuk jadi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah," kata Juri.

Terkait DPT, meskipun sudah ditetapkan, Juri mengakui beberapa daerah masih memiliki masalah. Untuk itu, KPU terus melakukan koordinasi intensif dengan pemerintah guna memastikan bahwa seluruh pemilih masuk dalam DPT dan memiliki identitas kependudukan.

"Ada sejumlah warga dan orang itu lahir dan besar dan tinggal di suatu daerah tapi belum memiliki identitas kependudukan sebagai syarat untuk memilih. Identitas itu adalah e-KTP dan suket (surat keterangan) dari Dukcapil," kata Juri.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya