INDONESIA HARI INI

08-02-2010: Demokrat dan PKB Dukung Bail Out Century

Spanduk Kritisi Pansus Century di Megaria saat itu.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id – Pada tanggal 8 Februari 2010 dilangsungkan rapat Panitia Khusus Hak Angket kasus dana talangan Bank Century, mega skandal pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY yang cukup lama menyita perhatian publik di periode pemerintahannya.

Eks Petinggi KPK Sebut Wajib Tetapkan Boediono Tersangka

Dalam rapat pansus tersebut sebagaimana arsip berita VIVA.co.id pada 8 Februari 2010 diketahui hanya dua fraksi yang menyatakan bahwa pemberian dana talangan atau bail out bank Century tidak berindikasi korupsi.

Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKB menyatakan setuju dana talangan diberikan. Namun tujuh fraksi lainnya justru berada pada posisi yang berbeda. Tujuh fraksi menyatakan bail out bermasalah. Bahkan Partai Golkar dan PDI Perjuangan menjadi fraksi yang tegas menyatakan bail out mengindikasikan korupsi.

KPK Akui Budi Mulya Tak Bermain Sendiri di Kasus Century

Fraksi lainnya, PPP, Partai Hanura, Partai Gerindra, PAN, dan PKS menilai ada pelanggaran dalam pemberian dana talangan.  Pada saat itu dengan konfigurasi 30 orang di rapat, dalam kondisi akan melakukan pemungutan suara, artinya hanya ada 10 orang yakni dari Demokrat dan PKB yang setuju bail out tanpa masalah.

Anggota Pansus dari Golkar Bambang Soesatyo mengatakan bahwa dominasi fraksi di Pansus Angket Century memang menilai memang ada korupsi di bail out Rp6,7 triliun bank Century.

Alasan Mantan Ketua KPK Soal Sulitnya Ungkap Kasus Century

Sementara komposisi anggota pansus yang setuju dan tidak setuju bail out yakni angka 33,3 persen versus 66,6 persen.


 

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Mukri

Video Buronan Kasus Bank Century Ditangkap saat Makan di Restoran

Stefanus Farok Nurtjahja buron selama lima tahun.

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2019