Soal Film G30S/PKI, Hasto: Biar Sejarah yang Bicara

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA/Eduard

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, partai tidak pernah memberikan instruksi khusus pada kader dan anggotanya untuk menggelar dan mengajak nonton bareng atau nobar film 'Pengkhianatan G30S/PKI'.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Enggak ada, karena kami melihat bagaimana menyikapi persoalan yang masih kontroversial agar bangsa ini belajar, agar tidak ada lagi upaya-upaya untuk merongrong kewibawaan pemerintahan yang berasal dari rakyat, agar tidak ada upaya untuk mengganti ideologi bangsa. Biarlah para sejarawan yang bicara untuk mengungkap kebenaran-kebenaran," ujarnya di markas PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, 30 September 2017.

Ia menyebut, maraknya acara nobar film buatan tahun 1984 itu sejatinya terlepas dari aspek politik dan tidak menjurus ke arah perpolitikan. Aspek yang ditonjolkan adalah membangun gotong royong dengan belajar dari masa lalu dan kemudian melihat masa depan dengan lebih baik.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Sementara itu, mengetahui Presiden Joko Widodo menghadiri nobar 'G30S/PKI' di Markas Korem 061 Suryakencana Bogor, Jawa Barat, Hasto enggan berkomentar banyak. Ia pun menepis anggapan bahwa seluruh kantor DPP PDIP diwajibkan untuk memasang bendera Merah Putih setengah tiang.

"Itu merupakan kebijakan dari Pak Jokowi (untuk melakukan nobar). Nontonnya bagus, jaketnya Pak Jokowi sangat bagus, merah. Untuk bendera, kami pasang Merah Putih seperti biasa, sesuai standar protokoler partai untuk kami kibarkan," ucap Hasto.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Dengan diberikannya akses oleh pemerintah kepada masyarakat untuk melihat langsung adegan demi adegan dan seluruh tayangan film 'G30S/PKI', Hasto mengimbau agar masyarakat tak terpancing pihak-pihak yang ingin memanfaatkan 'masa lalu' sebagai alat politik dan membangkitkan luka lama.

"Apa pun yang berkhianat bagi republik ini, harus kita tumpas habis dan PKI kan sudah dinyatakan terlarang," tuturnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam rapat konsolidasi PDIP Majalengka

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Langkah strategis PDIP, akan diambil dalam forum Rakernas partai diakhir Mei 2024. Termasuk dalam mempersiapkan gelaran pilkada serentak 2024. Juga soal dinamika politik.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024