PDIP Usung Gus Ipul, Begini Respons Khofifah

Khofifah Indar Parawansa (baju merah) saat ziarah ke makam Bung Karno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – PDI Perjuangan resmi mengusung pasangan calon Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Azwar Anas ke Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Merespons hal tersebut, Khofifah Indar Parawansa menganggap santai dukungan PDIP untuk Gus Ipul.

Khofifah Ingin Duet Lagi dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Bagi dia, arah dukungan PDIP merupakan bagian proses demokrasi yang tak perlu dipersoalkan.

"Itu bagian dari proses demokrasi yang berjalan, saya rasa tidak perlu ada sesuatu yang membuat kami harus bagaimana-bagaimana," kata Khofifah seusai acara wisuda di STIS Faqih Asy'ari Ponpes Darussalam, Sumbersari, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Minggu, 15 Oktober 2017.

Khofifah Tak Setuju Wacana Kemensos dan KemenPPPA Digabung

Khofifah justru menghormati keputusan PDIP tersebut. Menurutnya, semua warga harus memberikan ruang kepada siapa pun untuk mendukung siapa.

"Kami berproses saja dengan baik, dengan arif, tentu saja juga dengan fairplay," tutur ketua umum Muslimat NU itu.

Khofifah Lebih Nyaman Berduet Dengan Emil di Pilkada Jatim, Gerindra Bahas Bersama KIM

Selain dengan partai politik, Khofifah mengaku sejauh ini sudah berkomunikasi intensif dengan forum kiai dan ulama di Jawa Timur soal pencalonan dirinya di Pilgub Jatim nanti. Para kiai diminta masukan terutama soal calon wakil gubernur yang akan berpasangan dengannya.

"Nanti pada saatnya saya akan meminta pertimbangan para kiai terutama soal calon wakil sebaiknya siapa, setelah berkoordinasi dengan sejumlah partai. Insya Allah siang ini akan ada pertimbangan dari cukup banyak kiai soal itu, Insya Allah dari kiai seluruh eks karesidenan Jawa Timur," ujar Khofifah.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai pasangan calon yang akan diusung partai berlambang kepala banteng moncong putih itu pada Pilgub Jatim 2018. Dengan pengusungan ini, PDIP akan berkoalisi dengan PKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya