Logo ABC

Perusahaan Indonesia Raup Untung Jual Peternakan di Australia Utara

Willeroo Station dijual oleh perusahaan Indonesian Great Giant Livestock.
Willeroo Station dijual oleh perusahaan Indonesian Great Giant Livestock.
Sumber :
  • abc

Sejumlah perusahaan ternak Indonesia yang membeli peternakan di Kawasan Australia Utara lima tahun lalu telah menjualnya kembali dan mendapat beberapa keuntungan besar.

Pembelian besar-besaran dari perusahaan Indonesia di Kawasan Utara pada kurun waktu 2013-2014 dipandang sebagai langkah yang menarik dalam industri ternak di negara bagian tersebut.

Pada bulan Oktober 2013 perusahaan Indonesia Japfa Santori membeli lahan peternakan Riveren dan Inverway di kawasan Victoria River District dari keluarga Underwood, yang sudah memilikinya sejak tahun 1950-an.

Di tahun berikutnya peternakan Willeroo, 120 kilometer barat daya dari kawasan Katherine, dijual oleh Sultan Brunei ke perusahaan pakan ternak Indonesia, Great Giant Livestock, dan Edith Springs Station di sebelah utara Katherine dibeli juga oleh pengusaha Indonesia.

Namun dalam dua tahun terakhir para pemilik peternak itu menjual semua lahan dan propertinya, dengan yang terakhir dijual adalah Edith Springs Station di akhir September.

Jadi apa yang menyebabkan perusahaan-perusahaan Indonesia ini melakukan investasi besar-besaran di Kawasan Australia Utara untuk kemudian dijual beberapa tahun kemudian?

Berusaha memastikan pasokan ternak