Menteri Rini Akui Pertamina Dominasi Penjualan Avtur, Ini Alasannya

Menteri BUMN, Rini Soemarno
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengungkapkan alasan yang menjadikan PT Pertamina sebagai satu-satunya badan usaha yang selama menjual avtur di Bandara dalam negeri. Dominasi Pertamina ini pun telah menjadi sorotan Presiden Joko Widodo. 

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Kata Rini, infrastruktur avtur baik penyimpanan maupun infrastruktur pendukung lainnya di bandara milik PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II adalah investasi Pertamina. 

"Investasi infrastruktur di dalam AP I dan AP II itu yang investasi Pertamina loh," kata Rini di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 13 Februari 2019. 

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Meskipun diketahui, ada sejumlah badan usaha yang mengantongi izin usaha untuk menjual avtur namun memang belum ada yang menjualnya di Bandara selain Pertamina. Menurut Rini, Pertamina menggelontorkan investasi untuk menjual avtur di bandara. 

"Infrastruktur di dalam, infrastruktur penyimpanan itu semua investasi Pertamina," tegasnya lagi. 

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

Seperti diberitakan VIVA sebelumnya, sejumlah badan usaha yang terdaftar di Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) sudah mengantongi izin menjual avtur. 

Namun, diakui oleh Anggota Komite BPH Migas Henry Ahmad bahwa mereka belum aktif menjual avtur di bandara meski telah memiliki izin usaha niaga BBM. 

"Yang sudah mendapat izin menjual avtur tapi seingat saya mereka belum berdagang avtur," kata Henry. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya