Cari Pebisnis Terbaik, Citi Adu Gagasan 800 Pengusaha Mikro RI 

Logo Citibank
Sumber :
  • famouslogos.net

VIVA – Dalam upaya mencari wirausaha mikro terbaik di Indonesia, Citi Indonesia atau Citibank melakukan kompetisi dan penghargaan Citi Microentrepreneurship Awards atau CMA, untuk periode 2018-2019.

Bakrie Amanah Maksimalkan Penyaluran Zakat, Anindya Bakrie: Wujudkan Indonesia Makmur Sejahtera 2045

Pada tahun ini, Citi berhasil menjaring pendaftaran lebih dari 800 pengusaha mikro di Indonesia. Di mana, dari jumlah tersebut, kemudian dikerucutkan menjadi 20 finalis yang berhak ikuti pelatihan selama tiga hari di Jakarta.

Para finalis tersebut, kemudian diberikan berbagai macam hal yang bermanfaat dalam mengembangkan usaha mikro seperti branding dan desain, manajemen finansial, pelatihan mengenai legal serta hak atas kekayaan intelektual, serta digital marketing.

PNM Bersama KPPPA Sukseskan Commision on the Status of Women (CSW) ke-68 di New York

Acara yang telah memasuki tahun ke-14 penyelenggarannya ini merupakan inisiatif global dan program unggulan Citibank yang didanai oleh Citi Foundation serta dilaksanakan di 30 negara, termasuk Indonesia. 

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, sebagai bank berskala global yang beroperasi lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, Citi percaya usaha mikro mampu menjadi instrumen penting dalam perekonomian Indonesia. 

Ide Bisnis Camilan Sehat Ala Nasabah PNM Mekaar

Hal ini, menurut dia, berdasarkan atas tumbuh kembangnya usaha mikro di berbagai provinsi, yang secara aktif mendorong pertumbuhan daerah seperti penyerapan tenaga kerja, penanggulangan kemiskinan, serta terbukanya kesempatan usaha dalam berbagai bidang industri.

Data Badan Pusat Statistik mencatat sejak 2013, terdapat 2.887.015 usaha mikro yang tersebar di Indonesia. Jumlah itu terus meningkat pada 2015, yang mencapai 3.385.851 unit usaha mikro atau naik 17,3 persen.

"Citi Microentrepreneurship Awards merupakan salah satu program Citi dalam komitmennya mendukung pengembangan usaha para pengusaha mikro sehingga mampu memberikan kontribusi positif, baik secara lokal maupun nantinya secara nasional," jelas Batara dalam keterangan tertulisnya, Kamis 11 April 2019.

Adapun dari 20 finalis yang ikut pelatihan, Citi akhirnya memilih delapan wirausaha mikro terbaik serta satu penghargaan apresiasi bagi Lembaga Keuangan Mikro terbaik.

Penghargaan CMA periode 2018-2019 diberikan kepada para pemenang yang terbagi ke dalam lima kategori kompetisi, yakni Agriculture and Fishery, Arts and Creative, Culinary, Green dan Service and Innovation

Selain itu terdapat pula tiga penghargaan khusus yang akan diberikan, yakni, Young Microentrepreneur, Best Woman Microentrepreneur dan Microentrepreneur of the Year. 

Pemenang Citi Microentrepreneurship Awards 2018-2019: 

  1. Pemenang Kategori Agriculture and Fishery adalah Zainal bidin Suarja 
  2. Pemenang Kategori Arts and Creative adalah Dewi Arum Muqaddimah
  3. Pemenang Kategori Culinary adalah Ade Soelistyowati 
  4. Pemenang Kategori Green adalah Ni Wayan Purnami Rusadi 
  5. Pemenang Kategori Service and Innovation adalah Millah Kamilah Muslimat
  6. Pemenang Best Woman Microentrepreneur adalah B. Natalia Sari Pujiastuti
  7. Pemenang Young Microentrepreneur adalah Fauzan Ade Azizie 
  8. Pemenang Microentrepreneur of the Year adalah Rici Solihin 

Lalu, untuk penghargaan apresiasi terhadap Lembaga Keuangan Mikro atau Microfinance Institution of the Year diberikan kepada: Koperasi Kredit CU Sawiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya