Jokowi Ingatkan Tak Mudah Masuk 4 Besar Ekonomi Terkuat Dunia

Presiden Joko Widodo pidato dalam Musrenbangnas 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA – Presiden Joko Widodo menyampaikan, Indonesia punya peluang besar menjadi empat besar negara ekonomi terkuat, pada 2045. 
 
Hal itu disampaikan Jokowi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019, di Hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Kita memiliki peluang besar. Tadi sudah disampaikan, jadi negara ekonomi terkuat, bisa lima besar ekonomi dan bisa empat besar ekonomi terkuat di 2045," kata Jokowi dalam pidatonya.

Namun, Jokowi mengingatkan, untuk masuk ke jajaran negara ekonomi terkuat itu tidak mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. "Jangan dipikir kita biasa-biasa, tahu-tahu masuk ke empat besar, ke lima besar ekonomi terkuat. Rumus seperti itu tak ada," ujar Jokowi.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Jokowi menyampaikan, tiga tantangan yang harus diselesaikan, yakni infrastruktur, perizinan, dan sumber daya manusia. Menurut dia, pembangunan infrastruktur sangat penting. "Pertama, infrastruktur, pemerataan infrastruktur, harus bisa diselesaikan. Tanpa ini, jangan berpikir ke-5, ke-4 ekonomi terkuat. Enggak mungkin," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Kemudian, masalah perizinan dianggap menjadi penyebab defisit neraca perdagangan. Selain itu, hal yang lebih sulit, menurut dia, adalah pembangunan sumber daya manusia.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

"Kalau kita mau, niat kita ke-4 besar, li,a besar, jadi. Tapi kalau terjebak rutinitas, tidak berani berubah, jangan bermimpi masuk ke-5 besar, empat besar negara ekonomi terbesar dunia. Kita terjebak negara middle income trap," kata Jokowi. (asp)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021