Dalam 5 Tahun, PUPR dan Korsel Buat Sistem Efisiensi Penggunaan Jalan

Direktur Jenderal Bina Marga, Sugiyartanto.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto mengatakan, pihaknya melakukan kerja sama dengan Korea Selatan melalui KOICA dengan menandatangani Record of Discussion tentang penyusunan sistem transportasi cerdas dan sistem percontohan wilayah metropolitan Jakarta.

Telkom Kirim Pesan Khusus di Hari Jadinya

Nantinya, Pemerintah Korea Selatan akan menghibahkan alat-alat untuk efisiensi penggunaan jalan, akses, dan keselamatan lalu lintas.

"Ini merupakan awal yang baik untuk mengatasi permasalahan sistem transportasi di Jabodetabek. Dengan menyediakan informasi lalu lintas secara real time kepada pengguna jalan," ucap Sugiyartanto di Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019.

Telkomsel Kasih Modal ke Lima UKM Unggulan

Sugiyartanto juga mengatakan strategi digitalisasi pada sistem informasi cerdas ini, akan termasuk analitik data canggih dan infrastruktur pintar. 

Diharapkan alat ini akan semakin menjadi alat utama untuk memperlancar proses transportasi di Indonesia. Digitalisasi seperti ini tidak hanya digunakan untuk meningkatkan mobilitas dan kenyamanan saja.

Pengguna Internet di Indonesia Jomplang, Cuma Tumbuh 5 Juta Jiwa

Proyek ini akan berlangsung selama lima tahun, yang di antaranya tiga tahun untuk implementasi dan dua tahun untuk masa pemeliharaan dengan anggaran US$5,5 juta.

"Digitalisasi seperti ini bukan hanya digunakan untuk meningkatkan mobilitas dan kenyamanan tapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan keselamatan dan mengintegrasikan transportasi dengan aspek lain dari kehidupan kota," ucapnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ismail (dua kanan).

Kemenkominfo Ungkap Kunci Bangun 'Society 5.0'

Kemenkominfo memberikan dukungan penuh terhadap upaya berbagai pihak untuk membangun infrastruktur digital yang lebih merata. Kolaborasi jadi kunci bangun 'Society 5.0'.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2023