Penukaran Uang Khusus Kemerdekaan Rp75 Ribu Bisa Secara Kolektif

Warga melakukan penukanan uang khusus edisi HUT RI Rp75 ribu.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Bank Indonesia melakukan percepatan penukaran Uang Peringatan Khusus (UPK) Kemerdekaan ke-75 Indonesia dengan nominal sebesar Rp75 ribu. Penukaran uang tersebut kini dapat dilakukan secara kolektif.

Fakta Baru, Gadis Perampok Semprot Baygon: Curi Uang Korban Rp12 Juta dari ATM Buat Beli Iphone

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim, menyatakan, penukaran uang secara kolektif tersebut minimal mewakili 17 orang anggotanya yang ingin menukarkan.

"Boleh enggak lebih dari 100? Boleh, malah kami tetapkan minimal 17. Makin banyak makin bagus karena kami ingin makin banyak masyarakat mendapatkannya," kata Marlison di kantornya, Senin, 24 Agustus 2020.

Viral Video Ivan Gunawan Sebut Wanita Bisa Cantik Kalau Punya Uang

Adapun kelompok yang boleh menukarkan secara kolektif tersebut di antaranya untuk kementerian atau lembaga, korporasi, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, asosiasi, perkumpulan hingga masyarakat umum.

Untuk perkumpulan misalnya, kata dia, seperti untuk perkumpulan alumni universitas hingga suku-suku yang ada di Indonesia. Sementara itu, masyarakat umum itu seperti lingkungan RT/RW maupun majelis taklim.

Pejabat Kementan Patok Urunan Rp30 Juta Demi Penuhi Keinginan SYL

"Penukaran secara kolektif ini akan diberlakukan dan implementasi mulai besok 25 Agustus 2020 mulai jam 7 pagi. Jadi masyarakat mulai jam 7 pagi besok sudah mulai bisa unggah permohonan melalui aplikasi PINTAR," ucapnya.

Adapun mekanisme penukaran baik secara individu maupun kolektif dapat dilihat pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. (art)

[dok. Humas BTN]

Kinerja April Moncer, BTN Catat Pertumbuhan Kredit 14,43 Persen Jadi Rp 345,5 Triliun

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN melaporkan pertumbuhan kredit hingga April 2024 yang mencapai sekitar 14,43 persen yoy.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024