4 Alasan Perlunya Sewa Perencana Keuangan saat di Usia Muda

Ilustrasi perencanaan keuangan
Sumber :

VIVA – Bila Anda pernah bertanya-tanya apakah diri Anda perlu menemui seorang perencana keuangan saat masih muda, tentu jawabannya mungkin iya. Sebab, banyak orang justru telat menemui perencana keuangan justru saat dirinya dekati usai pensiun.

Top News: 5 Negara dengan Militer Terkuat, Pangdam XIII/Merdeka Rotasi 3 Pati dan 5 Pamen

Dilansir dari Business Insider, pada Selasa 2 Februari 2021, menemui seorang perencana keuangan tak harus mendekati usia pensiun atau menunggu Anda memiliki penghasilan yang tinggi. Justru saat usai Anda 20 tahun akan banyak dapat keuntungan.

Untuk itu, ada empat alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk membuat janji dengan perencana keuangan sebelum Anda berusia 30 tahun. Yaitu:

Jago Syariah Permudah Pengguna Mengatur Keuangan dengan Cermat

1. Perencana keuangan dapat membantu Anda membuat rencana untuk mencapai tujuan besar, seperti membeli rumah.

Seorang perencana keuangan dapat menjadi orang yang tepat untuk membantu membuat rencana dan tujuan besar. Apakah Anda ingin membeli rumah, pensiun lebih awal, atau membayar pendidikan perguruan tinggi anak-anak Anda, perencana keuangan Anda dapat menjadi sumber yang bagus.

Buka Kantor Perwakilan di Medan, Bos LPS Ungkap Agar Warga Sumut Makin Percaya Bank

Seorang perencana keuangan dapat membantu Anda memecah tujuan besar ini menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, dan memulai pada jalur yang berkelanjutan untuk mencapainya.

Untuk usia 20 tahunan, tujuan besar ini terasa tidak mungkin tercapai. Namun, perencana keuangan Anda dapat membantu Anda memetakan jalan dengan langkah-langkah yang jelas untuk mewujudkannya.

2. Seorang perencana keuangan dapat mengingatkan kemajuan Anda

Karena memiliki tujuan dan anggaran tidak selalu cukup Anda mungkin perlu bantuan untuk mencapainya. Seorang perencana keuangan bisa menjadi orang yang tepat untuk membantu Anda tetap di atas semuanya.

Perencana keuangan dapat membantu Anda membuat anggaran atau merencanakan tujuan uang. Dan mereka juga bisa menjadi sumber yang bagus untuk meminta saran bagi Anda atas langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tersebut dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh teman, keluarga, atau pasangan Anda.

Jika Anda kesulitan untuk tetap berpegang pada rencana dan tujuan yang Anda buat sendiri, perencana keuangan mungkin merupakan langkah yang cerdas. 

3. Anda bisa maju dari tabungan pensiun dan menyelamatkan diri dari masalah nanti

Menabung untuk masa pensiun adalah proses yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya. Memiliki seseorang yang mengetahui proses untuk membantu memulai akan sangat membantu selama bertahun-tahun.

Tabungan tumbuh dengan bunga dari waktu ke waktu, dan semakin cepat Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin cepat Anda dapat mulai memanfaatkan pertumbuhan itu.

Menunggu sampai Anda hampir siap untuk pensiun untuk menyempurnakan tabungan Anda bukanlah langkah yang tepat. Anda mungkin merasa perlu untuk mulai menabung lebih banyak atau menabung di jenis akun yang berbeda.

4. Perencana keuangan dapat menjawab semua pertanyaan tentang uang Anda.

Jika Anda sendiri ahli keuangan, Anda mungkin tidak memiliki semua jawaban atas pertanyaan tentang uang Anda. Tapi perencana keuangan yang baik akan menjawab semua pertanyaan Anda baik itu kecil atau besar.

Seperti, apakah Anda memerlukan bantuan untuk memutuskan antara melunasi utang atau menabung, atau hanya perlu bantuan membuat anggaran yang layak, seorang perencana keuangan dapat membantu.

Di usia 20-an, ada banyak hal yang menarik perhatian Anda. Seorang perencana keuangan dapat membantu Anda mengisi kekosongan dan mengurus uang Anda, memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal di usia muda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya