Santri Jadi Andalan Pos sebagai Kurir Logistik di Daerah Pelosok

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana (kanan) bersama pimpinan Komunitas Santripreneur Indonesia usai menandatangani kesepakatan kerja sama, Jumat, 1 Oktober 2021, ekspansi jaringan bisnis kurir dan logistik di daerah.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – PT Pos Indonesia bekerja sama dengan Komunitas Santripreneur Indonesia untuk ekspansi jaringan bisnis kurir dan logistik di daerah sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Kendala Cuaca Tak Surutkan Semangat Pos IND Bagikan Bansos PKH dan Sembako di Batam

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana menjelaskan, kerja sama itu jadi upaya pemulihan nasional sekaligus memberi peluang lapangan kerja bagi santri di daerah.

"Kerja sama ini didasari oleh komitmen bersama membantu pemulihan ekonomi nasional. Kami berkolaborasi, di mana anggota Santripreneur bisa bergabung menjadi Agen Pos atau O-Ranger Pos Indonesia," ujar Ana, Jumat, 1 Oktober 2021.

Kisah Arifin Sidhik Mengembngkan Program Kemitraan di Pesantren

Sekretariat atau pusat kegiatan Santripreneur di beberapa daerah, katanya, bisa diberdayakan menjadi Agen Pos, sementara anggotanya menjadi O-Ranger. Dengan begitu, diharapkan akan mendorong para santri mandiri secara ekonomi. Kerja sama itu juga akan memudahkan mereka mengirimkan barang.

"Saya memiliki keyakinan bahwa mereka punya komunitas yang cukup kuat, baik itu antaranggota atau di luar anggota; mereka pun sangat menguasai areanya. Saya meyakini ini akan mendorong percepatan program santri entrepreneur," katanya.

Kisah Inspiratif dari Anak Santri, Ciptakan Produk Pangan untuk Solusi Kesehatan

Kerja sama akan secara konkret segera direalisasikan. Kedua pihak bersama-sama membuat pelatihan bagi anggota yang akan menjadi Agen Pos dan O-Ranger. "Pos Indonesia ingin kehadiran kami semakin dirasakan masyarakat," katanya.

Agen Pos merupakan konsep pengembangan jaringan melalui kerja sama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha. Konsep itu untuk memberikan pelayanan lebih luas kepada masyarakat serta memberi peluang usaha.

Sementara O-Ranger merupakan mitra Pos Indonesia yang bertugas untuk memasarkan produk Pos Indonesia dan melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area. Kerja O-Ranger ialah pemasaran dan penjualan produk jasa kurir pada segmen ritel dan lainnya. O-Ranger menjadi garda terdepan dalam melakukan pickup service paket di aplikasi PosAja!

Platform PosAja! telah ditopang oleh infrastruktur teknologi yang cukup memadai. Konsumen bisa mengirimkan barang melalui ponsel dengan mengakses aplikasi PosAja! Fitur layanan PosAja! di antaranya Pos Instant Plus, Pos Instan, Pos Express, Pos Kilat Khusus, dan layanan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya