Bakal Ada Pusat Keuangan dan Ekonomi Syariah di Kawasan PIK 2

Ekonomi Syariah memiliki potensi yang besar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia sangatlah besar. Bahkan RI disebut sebagai salah satu dari lima besar dunia pasar keuangan syariah.

Inflasi AS Turun, Aset Kripto Kinclong

Berdasarkan potensi tersebut, pengembang dan pihak terkait pengembangan Kawasan Elit Pantai Indah Kapuk 2 akan membuat Islamic Financial Center di atas lahan seluas kurang lebih 23,5 hektare. Kawasan itu terdiri dari pusat perbankan dan asuransi berbasis syariah. 

Dalam pembangunan kawasan Islamic Financial Center ini, PIK2 bekerjasama dengan Matrix Concepts Holding Berhad dari Malaysia dan NIKKO Sekuritas Indonesia yang sudah berpengalaman di bidang keuangan dan perbankan berstandar Nasional dan Internasional. 

BNI Teken Kerja Sama dengan TNI AD Tingkatkan Layanan Keuangan Terintegerasi

Kawasan syariah ini disebut tidak hanya pertama dan terbesar di Indonesia, namun juga se-Asia Tenggara. Komitmen pengembangan kawasan ini telah ditandai dengan pembangunan menara kembar, Menara Syariah, yang telah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 8 Desember 2019 lalu. 

Menara Syariah merupakan menara kembar yang terdiri dari 2 tower yang dirancang dengan fasilitas ritel di tengahnya. Pembangunan Menara Syariah yang akan menjadi Icon dan landmark dari kawasan PIK 2 ini didesain secara khusus, unik dan modern dengan ruang kerja kondusif yang mengacu pada gaya perkantoran Syariah.

Sejalan dengan Grup, Bakrie & Brother Ambil Opsi Kuasi Reorganisasi

Baca juga: Intip Profil Tol Jombang, Lokasi Tewasnya Vanessa Angel dan Suami

Menara dan pusat keuangan syariah ini dirancang oleh DP Architects Ltd yang berpengalaman dalam mendesain gedung. Menara Syariah ini direncanakan bisa menampung hingga 5 ribu orang karyawan dengan ketinggian mencapai 29 lantai.

Director DP Architects, Rida Sobana mengungkapkan, rancanan arsitektur yang digunakan pada kawasan ini. Hal itu disampaikan dalam webinar Agung Sedayu Group dengan tema 'Menara Kembar Syariah a Landmark & Syariah Financial Hub of Asia'.

“Kita akan merujuk pada nilai-nilai yang lebih universal tentang hubungannya dengan Islam, seperti geometri, hal-hal yang sifatnya harmonis, keseimbangan, seperti diajarkan dalam Islam untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang dan rutin, akan ada banyak unsur pengulangan, konsep modular dan ini akan diterapkan pada desain," ujarnya, dikutip Kamis, 4 November 2021.

Menara Kembar pusar keuangan dan ekonomi syariah di PIK 2.

Photo :
  • Dokumentasi PIK.

"Dan mungkin secara look and feel, secara universal kita akan mengadaptasi tempat di mana Islam lahir, geografis di mana Islam berawal. Palette dari gurun pasir, mengambil inspirasi dari langit yang bersih saat malam di gurun pasir dengan bintang-bintang yang gemerlap," tambahnya.

Dari inovasi ini diharapkan PIK 2 akan menjadi pusat ekonomi baru yang memiliki daya tarik kuat serta mampu membuka lapangan kerja baru. Kemudian, mendukung iklim investasi di Indonesia, meningkatkan dan menjamin nilai kawasan dalam berbagai pengembangan properti. 

Seperti diketahui, selain pengembangan kawasan bisnis, PIK 2 juga mengembangkan kawasan residensial. Salah satunya adalah kawasan residensial premium dan terbaru Pasir Putih Residences di atas lahan seluas sekitar 150 ha. Pasir Putih Residences, kawasan residensial dengan konsep yang unik, eksklusif, dan satu-satunya di Indonesia yang dilengkapi dengan danau dan hamparan pasir putih di dalam cluster.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya