Investor Soroti Respons Bank Sentral soal Inflasi, Rupiah Melemah

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

VIVA – Nilai tukar (kurs) rupiah Selasa pagi turun terhadap dolar AS pagi ini. Seiring sikap pelaku pasar yang menanti respons bank sentral negara-negara maju merespons kenaikan inflasi.

Ratusan Mahasiswa Walk Out dari Upacara Wisuda Universitas Harvard Imbas Demontrasi Pro Palestina

Rupiah pagi ini bergerak melemah 13 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp14.344 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.331 per dolar AS.

"Pasar akan mengamati bagaimana respons The Fed dalam menyikapi laju inflasi yang terus naik," kata analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021.

Pelaku Penikaman Imam Musala Melawan, Polisi Tembak Kakinya

Sementara itu, laju inflasi di negeri Paman Sam pada November 2021 mencapai 6,8 persen (yoy), angka tertinggi dalam 39 tahun terakhir.

Selain itu, lanjut Rully, bank sentral negara-negara maju lainnya juga akan mengadakan pertemuan sepanjang pekan ini. Seperti Bank of Japan, Bank of England dan Bank European Central Bank, yang juga kemungkinan merespons perkembangan inflasi.

Rupiah Mulai Sentuh Rp 15.900-an per Dolar AS, Gubernur BI: Enggak Usah Kaget

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

"Sementara dari dalam negeri, pasar akan menunggu publikasi data neraca perdagangan besok, yang kemungkinan masih akan mencatatkan surplus besar, masih di atas 4 miliar dolar AS," ujar Rully.

Dari dalam negeri, jumlah kasus harian COVID-19 kemarin mencapai 106 kasus. Sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4,26 juta kasus. Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 mencapai 12 kasus sehingga totalnya mencapai 143.948 kasus.

Rully mengatakan rupiah hari ini berpotensi bergerak di kisaran Rp14.315 per dolar AS hingga Rp14.377 per dolar AS.

Kemarin, rupiah ditutup menguat 40 poin atau 0,27 persen ke posisi Rp14.331 per dolar AS. Dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.371 per dolar AS. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya