Buka Rute Solo-Jakarta, Bos Super Jet Dikasih Gibran Kalung Rajamala

Maskapai Penerbangan Super Jet.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Masakapai penerbangan Super Air Jet resmi melayani rute penerbangan Jakarta-Solo pada Rabu, 5 Januari 2022. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ikut menyambut penerbangan perdana masakapai tersebut di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Dalam prosesi penerbangan perdana Super Air Jet, Gibran juga mengalungkan Kalung Rajamala kepada Direktur Operasional Super Jet Air, Capt Buntoro. Seperti diketahui kalung tersebut merupakan replika Canthik Perahu Keraton Kasunanan Surakarta yang melegenda dan sebagai tolak bala.

Penerbangan perdana dengan menggunakan pesawat Airbus 320-200 itu tiba di Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 10.00 WIB. Gibran yang didampingi Direktur Operasional Super Air Jet dan General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Adi Soemarmo melepas penumpang yang akan melakukan penerbangan perdana Solo-Jakarta.

Prabowo-Gibran Menang, Relawan: Program Harus Jalan dan Sampai ke Masyarakat

Direktur Operasional Super Air Jet Capt Buntoro mengatakan, pembukaan rute penerbangan ke Solo merupakan destinasi penerbangan yang kedua di Jawa Tengah. Rencananya setiap harinya maskapai tersebut akan melayani jadwal satu kali penerbangan Solo-Jakarta.

“Frekuensi seharinya satu flight dulu, nanti akan bertambah dengan seiring permintaan pasar lah,” kata dia.

AHY Ungkap Pembagian Jatah Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Sudah Dibahas

Walkot Gibran dan Direktur Super Jet Air Capt Buntoro.

Photo :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

Alasan yang melatarbelakangi dibuatnya rute penerbangan Jakarta-Solo maupun sebaliknya karena disebutkan dia Solo merupakan tiga peringkat ter atas untuk kota tujuan pariwisata. Selain memiliki berbagani tempat wisata, Solo juga terkenal dengan wisata kulinernya.

“Solo merupakan top three destination untuk wisatawan asing maupun domestik lah di samping Jogja dan Semarang karena kulinernya dan spot-spot pariwisata dan sebagainya. Itulah tujuan utama kami sebenarnya. Juga untuk mengairhkan penerbangan domestik kita setelah masa pandemi,” ucapnya.

Dengan adanya penambahan rute penerbangan itu, ia pun menargetkan jumlah okupansi penumpang bisa mencapai 80 persen dari 180 kapasitas penumpang. Setelah Solo, rencananya dalam waktu dekat maskapai tersebut akan membuka rute penerbangan Semarang, Jambi, Pangkalpinag dan Makassar.

“Rutenya saat ini sudah ada 11 kota. Frekuensi penerbangan kami dari Cengkareng point to point itu ada sekitar 40 flight sampai dengan hari ini. Kalau okupansi kami bilang 80 persen itu sekitar 6.000-7.000 orang yang kami angkut setiap harinya,” sebutnya.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik adanya pembukaan rute destinasi Solo yang dilakukan oleh maskapai Super Air Jet. Ia menilai adanya pembukaan rute penerbangan tujuan Solo menjadi momen yang sangat baik untuk membangkitkan dan mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Solo.

“Ini kan di Solo trafiknya masih kurang sekali, apalagi kena pandemi kemarin itu. Kalau saya lihat statistiknya sebelum pandemi itu sudah turun, perlu kita genjot lagi dinas pariwisata,” kata dia.

Untuk membangkitkan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo, ia pun berharap layanan penerbangan umrah yang dulunya sempat dibuka untuk nantinya bisa dibuka kembali. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari percepatan pemulihan ekonomi.

“Paling nggak harus ada flight untuk umrah. Dulu ada Air Asia tapi kini ilang kabeh (hilang semua). Sebelum pandemi aja pada hilang, nanti PR saya itu. Nanti saya usahakan,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya