Harga Pangan Bergejolak, Ini Penjelasan Pedagang Pasar

Ilustrasi bahan pangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Harga pangan menjelang hari raya Idul Adha mengalami lonjakan harga atau bergejolak. Kenaikan harga khususnya terjadi pada bahan-bahan kebutuhan dapur.

Diviralkan Minta Martabak Gratis ke Pedagang, Petugas Dishub di Medan Lapor Polisi

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ngadiran menjelaskan, sudah beberapa hari belakangan ini terjadi kenaikan harga di beberapa komoditas. Khususnya yang terpantau di pasar tradisional, di mana kebutuhan dapur menjadi komoditas yang cukup tinggi kenaikan harganya.

“Udah beberapa hari harganya pada naik semua. Cabai rawit itu sampai Rp100 ribu per kg, cabai merah Rp85 ribu per kg, bawang merah Rp60 ribu, bawang putih Rp35 ribu per kg,” ujar Ngadiran saat dihubungi VIVA, Senin 13 Juni 2022.

Daftar Harga Pangan 15 Mei 2024: Beras, Cabai, hingga Daging Sapi Naik

Pedagang Beli ke Pasar Induk dengan Harga yang Sudah Mahal

Kondisi di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta pada hari kedua PPKM Darurat

Photo :
  • ANTARA/Ricky Prayoga
Harga Bawang Putih Meroket di Sumut, KPPU Jadwalkan Pemanggilan Importir dan Distributor

Ngadiran menuturkan, sebelum terjadi kenaikan, harga bawang putih sebesar Rp25 ribu per kilogram (kg). Kemudian untuk cabai merah sebelumnya senilai Rp40 ribu per kg, dan cabai rawit Rp45 ribu per kilogram. Menurutnya, penyebab kenaikan harga adalah karena pedagang yang belanja ke pasar induk membeli dengan harga yang mahal.

“Penyebab kenaikan belanjanya ke pasar induk mahal, kawan-kawan itu kan semuanya belanja ke pasar induk. Belanjanya mahal ya jualnya mahal,” katanya.

Sayur Mayur Juga Mengalami Kenaikan

Selain kebutuhan dapur yang mengalami kenaikan harga, Ngadiran menjelaskan, sayur-mayur juga turut mengalami kenaikan harga.

“Sayur juga mengalami kenaikan harga, enggak ada yang tidak naik. Minyak goreng juga nggak beres-beres udah di urus sama menteri segala urusan juga belum beres-beres,” jelasnya.

Adapun untuk kenaikan harga yang terjadi pada bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit katanya sudah terjadi usai hari raya Idul Fitri.

“Udah hampir 3 minggu lebih, sebulan lah. Dari habis hari raya itu terus aja,” terangnya.

Sementara itu, melansir dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) di seluruh pasar di Provinsi Indonesia per 10 Juni 2022, harga jual bawang merah sebesar Rp46.100 per kg, bawang merah ukuran sedang Rp46.100 per kg.

Kemudian bawang putih sebesar Rp30.350 per kg, dan bawang putih ukuran sedang Rp30.350 per kg. Untuk cabai merah senilai Rp63.250 per kg, cabai merah besar Rp62.850 per kg, cabai merah keriting Rp63.300 per kg.

Sedangkan cabai rawit sebesar Rp72.100 per kg, cabai rawit hijau Rp60.300 per kg, dan cabai rawit merah Rp82.950 per kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya