IKN Diminta Jokowi Jadi PSN, Suharso Merespons Alasan Strategisnya

Menteri PPN Kepala Bappenas Suharso Monoarfa
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong

VIVA Bisnis – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Manoarfa mengatakan bahwa Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) dapat menjadi proyek strategis nasional (PSN). 

Sindir Keras Omongan Qodari, AMPI: Datanya Sangat Jauh dengan Hasil Riil

Hal itu dia sampaikan setelah hadir menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT Dirgantara dan Airbus. Suharso menegaskan bahwa IKN jelas merupakan proyek skala besar.

"Otomatis ini proyek besar. Proyek strategis nasional. Saya kira tidak harus lagi diputuskan seperti itu karena hampir semua kegiatan yang ada dalam IKN itu merupakan PSN," ujar Suharso saat di Belitung, Provinsi Bangka Belitung, pada Rabu, 7 September 2022.

Jokowi Met with the President of Fiji, Discussing 3 Important Issues

Pembangunan jalan lingkar sepaku yang menjadi konektivitas menuju IKN.

Photo :
  • Dok. PUPR

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar IKN masuk ke dalam daftar proyek PSN. 

Jokowi dan Iriana Bertolak ke Sumbar, Tinjau Lokasi dan Korban Banjir Bandang

Masih terkait hal itu Suharso juga merasa optimistis bahwa proyek dalam kawasan IKN seperti pembangunan sektor air, pembangunan bandara atau pembangunan fisik lainnya dapat rampung pada 2024 mendatang.

"Kayak air masuk PSN, jalan-jalan utama masuk PSN, bandara-bandara juga," katanya.

Sementara terkait pembiayaan, Suharso menyebut bahwa untuk saat ini masih menggunakan alokasi dari belanja kementerian dan lembaga.

"Mungkin 2024 sudah langsung otorita itu sendiri," katanya lagi.

PSN merupakan merupakan proyek-proyek infrastruktur yang pada masa pemerintahan Presiden Jokowi dianggap menjadi proyek strategis. Oleh karena itu dengan krusialnya proyek IKN maka Suharso menilai memang seharusnya IKN termasuk PSN sebagaimana yang disampaikan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya