Luhut 'Pede' F1H20 Dongkrak Indeks Pariwisata Berkualitas Danau Toba

Danau Toba, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, nilai indeks pariwisata berkualitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, ternyata paling rendah dibanding DPSP lain.

Anak Buah Luhut Sebut Lebih Cocok Mobil Listrik, Hidrogen Buat Bus dan Truk

Karenanya, Luhut berharap jika penyelenggaraan Formula One Powerboat World Championship (F1H20), yang bakal digelar di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023, akan mampu meningkatkan nilai indeks pariwisata berkualitas tersebut.

"Untuk itu F1H20 dapat menjadi alat meningkatkan indeks pariwisata berkualitas di Danau Toba ini," kata Luhut dalam keterangannya, Sabtu 15 Oktober 2022.

Tanggapi Luhut, Jusuf Kalla: Saya Tidak Mengerti Toxic

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 H2O) di Danau Toba pada Februari 2023

Photo :
  • istimewa

Luhut mengaku, masih ada berbagai kendala infrastruktur dasar dalam persiapan F1H20 itu. Misalnya yakni seperti masalah air, dan jalan akses yang digunakan menuju ke lokasi acara. Karenanya, Luhut pun memberikan beberapa arahan kepada pihak Pemkab Toba, sambil mengamanahkan Kementerian PUPR tanggung jawab dalam hal penataan kawasan tersebut.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Arahan pertama, Pemkab Toba agar dapat menyelesaikan pembebasan lahan sempadan, dan penataan kawasan Pelabuhan Balige pada November minggu ke-3 2022. Kemudian, agar KemenPUPR bisa menyelesaikan penataan Lapangan Sisingamangaraja, pada minggu pertama November 2022.

Selanjutnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), InJourney, dan Pemkab Toba agar menyiapkan program-program pemanfaatan.

"Dan pengelolaan lokasi F1H20 sebagai fokus pengembangan olah raga dan aktivitas komersial," ujarnya.

Diketahui, Luhut juga memberikan beberapa pengarahan lain seperti mempercepat vaksinasi, mempercepat realisasi pembangunan infrastruktur di lahan otorita, mempercepat pemberian fasilitas bagi peningkatan investasi di lahan otorita, serta mengalokasikan anggaran sebesar Rp85 miliar untuk pembangunan jalan akses lahan otorita.

Dia berpesan, penataan kawasan di area Pelabuhan Balige dan Lapangan Sisingamangaraja agar dapat dipercepat, karena acara akan berlangsung tiga bulan lagi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya