Ojek Motor Listrik Akan Layani Delegasi KTT G20 Bali Bulan Depan

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk memperlancar mobilitas para delegasi, panitia, serta para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali, nantinya akan disediakan layanan ojek motor listrik secara gratis sebagai angkutan pengumpan (shuttle).

Restorasi Harley-Davidson Tua: dari Rongsok Jadi Jawara Balap Motor

Karenanya, Menhub pun meresmikan peluncuran Shuttle Motor Listrik yang diinisiasi oleh Electrum, yakni sebuah perusahaan bersama yang didirikan Gojek (bagian dari Grup GoTo) dan TBS Energi Utama.

"Shuttle motor listrik gratis ini tersedia pada halte antar jemput di lima titik strategis, dan enam titik antar yang terintegrasi dengan layanan bus listrik dari Kemenhub," kata Budi Karya dalam keterangannya, Rabu 19 Oktober 2022.

Beli Motor Baru Berpeluang dapat Hadiah Rp 1 Miliar, Intip Caranya

Budi menambahkan, nantinya para mitra pengemudi ojek motor listrik yang bertugas, dipastikan sudah diberikan pelatihan khusus seputar service excellence, pengenalan kendaraan listrik, serta bahasa inggris dasar.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • Dok. Kemenhub
Terpopuler: Arti Nama Motor Yamaha Nmax dan Honda PCX, Pilihan Mobil Bekas Murah

Menhub mengaku sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Electrum, karena menjadi bukti nyata dari dukungan terhadap upaya Pemerintah memasifkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"Komitmen ini kita tunjukkan saat Presidensi Indonesia pada G20. Semoga ini dapat dimanfaatkan secara maksimal," ujar Budi.

Dia pun meminta para pelaku industri agar turut menciptakan ekosistem kendaraan listrik, dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang semakin memudahkan orang untuk menggunakannya.

Presidensi Indonesia di G20 2022: Logo

Photo :
  • ANTARA/HO-g20-indonesia.id

Misalnya investasi untuk menyediakan tempat mengisi daya (charging), yang dipasang di banyak titik agar mudah dijumpai pengguna kendaraan listrik. Di satu sisi, pemerintah juga berupaya untuk memberikan subsidi, agar masyarakat semakin berminat menggunakan kendaraan listrik.

"Para pelaku industri juga harus terus berinovasi membuat kendaraan listrik yang semakin ekonomis, dan kualitasnya semakin lebih baik lagi ke depannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya