Pameran Vaping Terbesar Se Asia Tenggara Digelar di Jakarta, Ribuan Pelaku Industri Global Ikutan

Pameran Vape Global IECIE.
Sumber :
  • Dokumentasi IECIE.

VIVA Bisnis – Pameran industri vaping terbesar se-Asia Tenggara, IECIE Jakarta Vape Show 2022, digelar dimulai hari ini hingga 22 Oktober 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Lebih dari 6.000 pelaku industri vaping global berpartisipasi dalam gelaran ini.

Produsen Rokok Minak Djinggo dan Class Mild Siap Ekspansi di 2024

Pameran business to business dan business to customer ini diikuti oleh 70 perusahaan dari 12 negara. Di antara Amerika Serikat, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Inggris, Korea, Kroasia, Malaysia, Polandia, Switzerland, dan Thailand

IECIE Jakarta Vape Show memberi kesempatan bagi produsen untuk memamerkan produk dan inovasi mereka kepada para pengunjung. Seperti penjual grosir, distributor, dan penggemar vaping. 

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Kabid Dana Usaha dan Event Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Herwindo Prakoso mengatakan, pasar vape terus meningkat dari tahun ke tahun. Meskipun, sempat agak menurun di masa pandemi tetapi kemudian kembali pulih lebih cepat. 

Macam-macam bentuk rokok elektrik atau vape.

Photo :
  • dok. pixabay
Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

"Tantangan terbesarnya adalah edukasi konsumen. Bagaimana menyuarakan bahwa produk vape sebagai produk harm reduction. Tantangan terbesar berikutnya adalah memperkuat daya saing produk lokal menghadapi produk asing yang banyak memasuki pasar saat ini," ujar Herwindo dikutip dari keterangannya, Kamis, 30 Oktober 2022.

Dia mengungkapkan, pangsa pasar vape saat ini lebih dari 90 persen produsen adalah produsen dalam negeri. Populasi penggunanya pun 95 persen menggunakan produk dalam negeri. 

Tetapi hal ini dapat berubah drastis apabila pemerintah tidak membuat regulasi yang melindungi produk lokal dari gempuran produk asing yang banyak sekali masuk di tahun 2022. Untuk itu, APVI menaruh harapan besar pada ajang IECIE Jakarta Vape Show. 

“Harapan kami adalah IECIE sebagai world biggest vape exhibition dapat membuka peluang ekspor bagi teman-teman produsen, dan dapat memperkuat hubungan antara produsen eliquid lokal dengan produsen device luar negeri agar dapat terjalin kerja sama yang baik,” ujar Herwindo.

Sebagai informasi, sejumlah produk baru siap diluncurkan selama pameran. Pengunjung akan melihat produk-produk terbaru terlebih dahulu dan merasakan sensasi teknologi dari dekat.

“Pameran ini tidak hanya menyediakan platform perdagangan bagi peserta pameran dan pengunjung untuk berkomunikasi dan mencapai kesepakatan, tetapi juga berperan sebagai penggerak untuk mempromosikan inovasi produk dan pengembangan industri vaping di Indonesia dan negara sekitar,” ujar Juanita Soerakoesoemah, Event Director PT Pamerindo Indonesia.

Lebih dari 300 brand ikut ambil bagian di pameran tersebut diantaranya brand kenamaan yang diakui secara internasional seperti RELX, FEELM, HQD, PUFF BAR, YOOZ, SMOK, Nasty, dan Justfog. Juga brand-brand baru dari China sebagai negara di mana vape diciptakan dan pemasok 90 persen dari produk vape yang beredar di dunia. 

“Ini menjadi acara terbesar tahun ini, tidak hanya menyoroti pasar Indonesia yang sedang berkembang dan pasar Asia Tenggara yang lebih luas, tetapi juga menjadi ajang pertunjukan vaping culture di Indonesia,” jelas Juanita.

Cairan Rokok Elektronik atau Liquid Vape.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

IECIE Jakarta Vape Show adalah pembuka tur global IECIE ke berbagai negara di dunia. Sejak tahun 2015, IECIE berhasil menggelar 10 pameran vape skala internasional di Cina dan mempertemukan para pelaku bisnis vape dan menciptakan peluang kerja sama untuk mengembangkan bisnis ke pasar yang lebih luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya