ESDM Berencana Bagikan 680.000 Rice Cooker Gratis ke Masyarakat, Ini Respons Sri Mulyani

Ilustrasi alat menanak nasi elektronik atau rice cooker.
Sumber :
  • Youtube

VIVA Bisnis – Pemerintah berencana akan membagikan rice cooker atau penanak nasi elektrik sebanyak 680 ribu unit kepada masyarakat. Hal itu disebut dilakukan pemerintah untuk mendukung pemanfaatan energi bersih.

Menag Yaqut Sambangi Sri Mulyani Buat Kejar Potensi Devisa Jamaah Haji dan Umrah

Dengan wacana itu, lantas dari mana anggaran rice cooker yang akan dibagikan kepada masyarakat?

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, terkait anggaran rice cooker masih akan didiskusikan dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Prabowo Siapkan Makan Siang-Susu Gratis, Bursah Zanubi: Program Pembangunan Manusia RI

"Nanti kita diskusikan dengan Kementerian ESDM di DIPA-nya ada apa enggak, bagaimana bentuknya," kata Sri Mulyani kepada awak media di Hotel Borobudur, Jumat 2 Desember 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Mendagri Ultimatum Kepala Daerah Segera Salurkan Anggaran Pilkada 2024

Sebelumnya, Subkor Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Edi Pratikno mengungkapkan Kementerian ESDM akan membagikan penanak nasi listrik sejumlah 680 ribu. Dalam hal ini akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak atau keluarga penerima manfaat (KPM).

"680 ribu penanak nasi yang disalurkan ke masyarakat yang KPM tentunya data dari Kementerian Sosial melalui pendanaan APBN," ujarnya.

Edi menuturkan, paket program tersebut nantinya akan diberikan sebesar Rp 500 ribu per KPM.

"Dari hasil kajian sementara itu ada komparasi dan manfaat terkait biaya menanak nasi ini menurut hasil kajian sementara dibanding dengan kompor LPG," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya