Perluas Pasar Regional, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Gaet Semen Baturaja

Pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)
Sumber :
  • sig.id

VIVA Bisnis – Ekonomi Indonesia bisa dibilang semakin membaik di tengah keadaan pandemi ini. Berbagai sektor pun mulai memperluas pasar, termasuk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Hal tersebut dipaparkan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian dalam acara media visit di Banaran 9 Resort Hotel Semarang pada Kamis, 15 Desember 2022. 

Hosny menyatakan bahwa semen merupakan komoditas penting guna mendukung kelancaran proyek pembangunan nasional, di mana peran BUMN menjadi sangat strategis. Kendati begitu, SIG mengajak PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bekerja sama untuk melebarkan sayap di Pulau Sumatra

80 Persen Anggota BEI Sudah Pakai Fitur Market Order, Intip Keunggulannya

Bergabungnya Semen Baturaja dengan SIG akan meningkatkan kapabilitas memenuhi permintaan semen dan memperkuat posisi BUMN Sub Klaster Semen dalam menghadapi kondisi pasar yang bersaing. 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian

Photo :
  • Dok. SIG
Rupiah Dibuka Melemah, Data Inflasi AS Jadi Sorotan

Integrasi Semen Baturaja ke SIG dilakukan melalui mekanisme right issue. Sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan sebesar 51,01 persen, pemerintah akan mengambil bagian dalam aksi korporasi ini lewat transaksi inbreng. Sementara untuk porsi publik akan disetor dalam bentuk tunai. 

SIG memanfaatkan dana yang diperoleh dari right issue untuk program ESG (Environmental, Social, and Government) dalam rangka mendukung kinerja perusahaan dengan inisiatif penambahan fasilitas bahan bakar dan bahan baku alternatif, pembangunan fasilitas penyiapan pemanfaatan limbah menjadi bahan bakar alternatif ramah lingkungan, serta pengembangan bisnis. 

“Integrasi antara SIG dan Semen Baturaja ini akan semakin memantapkan langkah SIG sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan regional, seiring dengan meningkatkan pangsa pasar, bertambahnya portofolio produk, serta jaringan distribusi yang semakin luas,” jelas Hosny. 

Pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)

Photo :
  • sig.id

Saat ini SIG mempunyai empat strategi utama yang terbukti mampu memperluas pasar yaitu mendorong pertumbuhan berkelanjutan, lebih dekat dengan pelanggan dengan menghadirkan beragam produk dan solusi ramah lingkungan, peningkatan operational excellence dan digitaliasis value chain, serta kepemimpinan di pasar domestik.

“SIG berkomitmen untuk menerapkan prinsip keberlanjutan dan terus berinovasi menciptakan produk dan solusi yang berkualitas serta ramah lingkungan untuk menciptakan manfaat ekonomi dan pembangunan keunggulan kompetitif SIG di pasar sekaligus menjaga ketahanan bisnis perusahaan di masa depan,” ungkap Hosny. 

Tak hanya memperluas pasar, SIG juga berhasil membuat lingkungan jadi lebih hijau. Sampai September 2022, SIG telah menekan emisi karbon sebesar 2,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang dikontribusikan dari penurunan clinker factor di angka 1 persen dan peningkatan TSR (Thermal Substitution Rate) sebesar 1,6 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya