Kebutuhan Pokok Jelang Nataru Dipastikan Aman, Warga Diminta Jangan Panic Buying

Plt Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno.

VIVA – Plt Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan sidak ke sejumlah tempat untuk mengecek ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Ia menegaskan, ketersediaan bahan pokok khususnya pangan jelang terpantau aman.

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

"Yang pertama, ketersediaan bahan pokok aman dan masih relatif stabil. Yang harus diwaspadai adalah beras, ayam, cabai dan telur. Ketersediaan di Bulog juga sudah melebihi kebutuhan yang ada di Kota Semarang," jelas Hevearita, usai rakor sesudah melakukan inspeksi dadakan, dikutip Rabu, 21 Desember 2022.

Dia pun meminta masyarakat supaya tidak panic buying karena memicu harga-harga menjadi naik. Ia juga mengingatkan jika inflasi di Kota Semarang termasuk rendah sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Ia merinci, saat ini stok beras ada 1.800 ton, gula pasir 250 ton, dan minyak goreng 8.000 liter.

80 Persen Anggota BEI Sudah Pakai Fitur Market Order, Intip Keunggulannya

"Saya sudah menginstruksikan kepada Dinas Perdagangan untuk terus memonitor harga di pasaran setiap hari. Juga TNI dan Polri untuk turut menjaga kondusifitas pasar dan menugaskan para lurah dan camat untuk mengawasi warganya agar tidak melakukan panic buying," ungkapnya.

Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
Rupiah Dibuka Melemah, Data Inflasi AS Jadi Sorotan

Dari pantauan di beberapa pasar di Kota Semarang pada hari ini, harga telur per kilogram masih stabil di angka antara Rp 26.500 di tingkat grosir hingga Rp 29.000 di tingkat eceran. Sementara harga daging ayam naik lumayan, kini di harga Rp 38.000 per kilogram.

Sedangkan harga cabai masih stabil, kini di angka 25 ribu hingga 30.000 rupiah per kilogram. Begitu juga bawang putih dan bawang merah masih di harga 25.000 hingga 30.000 rupiah per kilogram seperti pekan sebelumnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya