Profil Zainudin Amali, Eks Menpora Jadi Komisaris Bank Mandiri

Eks Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Bisnis – Bank Mandiri menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), dan memutuskan untuk melakukan perubahan susunan pengurus perseroan. Baik di jajaran direksi maupun komisaris pada Selasa, 14 Maret 2023.

Pendiri GoTo Andre Soelistyo Lepas Jabatan Komisaris

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menjelaskan, RUPST telah mengangkat Eka Fitria sebagai Direktur Treasury & Internasional Banking, menggantikan Panji Irawan yang telah habis masa jabatannya.

Sementara di jajaran komisaris, pemegang saham sepakat mengangkat mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, serta mantan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heru Kristiyana, sebagai Komisaris Independen menggantikan Boedi Armanto. 

Profil Ebrahim Raisi, Presiden Iran yang Alami Kecelakaan Helikopter

Sebelum itu, mantan Menpora Zainudin Amali telah mengundurkan diri dari jabatannya dan disetujui oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin, 13 Maret 2023. Siapakah sosok Zainudin Amali?

Profil Zainudin Amali

Ramalan Zodiak Karier Mingguan 20-26 Mei 2024, Scorpio: Kariermu Minggu Ini akan Meningkat

Menpora, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

Dikutip dari situs Menpora, Zainudin Amali lahir di Gorontalo, 16 Maret 1962. Zainudin menikah dengan Nadiah Alhamid, seorang wanita berdarah Arab dan telah dikaruniai seorang putri bernama Safira.

Soal pendidikan, ia pernah menempuh pendidikan di Akademi Perbankan dan Akuntansi, Jakarta tahun 1986. Untuk gelar sarjana ia menempuh pendidikan di STIE Swadaya, Jakarta dengan gelar S-1 Ekonomi tahun 1992, dan gelar magister ia raih di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta tahun 2016.

Zainudin meraih gelar doktor di Bidang Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jakarta, 2019. Ia juga mendapat gelar Profesor Kehormatan Bidang Ilmu Kebijakan Olahraga (Sport Policy) pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang 2022.

Riwayat Jabatan

Waketum PSSI, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

Zainudin pernah menjabat sebagai anggota Komisi VII, Anggota Komisi IV dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR-RI Periode 2004-2009 dari Daerah Pemilihan Gorontalo.

Ia juga pernah menjajal posisi Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Periode 2009-2014 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VI (Kab. Kediri, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung, Kota Kediri dan Kota Blitar.

Selain itu, mantan Menpora periode 2019-2024 itu sempat menjadi Anggota Komisi III, Anggota Komisi VIII. Anggota Komisi I, Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) dan Ketua Komisi II DPR-RI Periode 2014-2019 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI (Kab. Bangkalan, Kab, Sampang, Kab. Pamengkasan dan Kab. Sumenep).

Lebih lanjut, Zainudin juga pernah menjadi Ketua Fraksi Partai Golkar MPR-RI Periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI (Kab. Bangkalan, Kab, Sampang, Kab. Pamengkasan dan Kab. Sumenep).

Posisi terakhir sebelum menjadi komisaris Mandiri, ia menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Indonesia Maju, (2019-2024). Namun ia tak menyelesaikan jabatannya karena mengundurkan diri pada Maret ini dan telah disetujui oleh Jokowi.

Sebelumnya lagi, pada Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) 16 Februari kemarin, Zainudin Amali juga terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI bersama Ratu Tisha Destriani, mendampingi menteri BUMN Erick Thohir yang terpilih sebagai ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya