Investigasi Kilang Dumai Terus Berjalan, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Warga Kota Dumai ketika melihat kebakaran di kilang Pertamina pada Sabtu malam 1 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/tangkapan layar.

VIVA Bisnis – Direksi PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) yang terdiri dari Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman, dan Direktur Operasi, Didik Bahagia telah melakukan kunjungan kerja ke Refinery Unit (RU) Dumai guna memastikan proses recovery kilang berjalan baik dan lancar.

Konsumsi BBM Skutik Yamaha Fazzio dari Yogyakarta ke Solo Tembus 83 Km/Liter

Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman memastikan, dengan adanya kejadian kebakaran pada Sabtu, 1 April 2023 lalu, pihaknya tetap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan BBM Nasional, khususnya saat Ramadan dan jelang Idul Fitri. Utamanya yakni untuk wilayah Sumatera Bagian Utara, yang menjadi wilayah salur PT KPI RU Dumai.

"Kilang Dumai akan tetap bisa beroperasi, utamanya untuk memastikan suplai BBM dari RU Dumai tetap terjaga selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Masyarakat tidak perlu merasa khawatir akan kekurangan suplai BBM," kata Taufik dalam keterangannya, Selasa, 4 April 2023.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengunjungi lokasi kilang minyak Pertamina di Dumai pasca meledak pada Sabtu malam.

Photo :
  • Dok. Polri

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai, Agustiawan menjelaskan, kunjungan direksi ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT KPI, untuk penyelesaian atas kejadian kebakaran yang terjadi pada akhir pekan lalu tersebut.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

"Selain itu, Direksi PT KPI juga ingin melakukan tinjauan langsung ke lapangan, agar dapat menemukan fakta-fakta sebagai bahan evaluasi serta langkah ke depannya," kata Agustiawan.

Dia mengatakan, PT KPI RU Dumai saat ini juga tengah berfokus pada proses recovery unit kilang, supaya jalannya operasional di kilang tersebut bisa segera optimal.

"Proses investigasi penyebab kejadian pun secara paralel terus berjalan. Semoga semua proses yang dilalui bisa berjalan efektif dan efisien," ujarnya.

Diketahui, selain pihak Direksi PT KPI, ikut serta dalam rombongan diantaranya VP Production Planning & Monitoring, Permono Avianto, Pjs. VP Reliability, Eko Sunarno, serta Corporate Secretary PT KPI, Hermansyah Y. Nasroen.

PT KPI RU Dumai juga memfasilitasi sejumlah kunjungan pejabat seperti Walikota Dumai, Paisal, yang melakukan kunjungan ke area kilang bersama dengan Dandim 0320/Dumai dan perwakilan warga untuk melakukan tinjauan atas penanganan insiden.

Selain itu, mereka juga telah memfasilitasi kunjungan tim pengawas dari Disnaker Riau. Tim pengawas tersebut diterima oleh Manager HSSE, Oky Wibisono, dan Manager Human Capital (HC), Rizka Kurniawan, di Puskopam untuk menyampaikan sejumlah keterangan. Salah satu tim pengawas juga sempat difasilitasi kunjungan ke area kilang untuk meninjau langsung lokasi kejadian. Kunjungan kedua Disnaker juga telah diterima pada Senin, 3 April 2023 kemarin yang diterima oleh Manager HC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya