Jelang Idul Fitri, Omzet Pedagang Baju di Pasar Tradisional Ini Melesat hingga 10 Kali Lipat

Pembeli baju di pasar tradisional jelang Lebarang meningkat.
Sumber :
  • tvOne/Dewi Rina.

VIVA Bisnis – Tradisi membeli baju baru sebelum Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mulai terlihat. Seperti di Jawa Timur, jumlah pengunjung di Pasar Kota Bojonegoro membludak hingga penjualnya kewalahan.

Perajin di Bantul Ini Ubah Limbah Jadi Kerajinan Logam Beromset Ratusan Juta Per Bulan

Omzet pedagang pun meningkat cukup signifikan. Hal itu diungkapkan oleh pedagang pasar, Siti Sofia saat dikonfirmasi terkait penjualan baju dagangannya.

“Alhamdulillah lumayan ramai, kalau senin sampai jumat agak-agak sepi mungkin di pasar di Bojonegoro banyak orang-orang yang belum tahu, karena pasar katanya mau dibongkar, padahal belum dan pedagang masih jualan seperti biasanya. Saat ini peningkatan mencapai sepuluh kali lipat. Mulai pagi tadi (jualan), sudah meraup omzet 10 jutaan per hari,” jelas Sofia seperti dikutip tvOnenews, Senin, 10 April 2023.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Pembeli baju di pasar tradisional jelang Lebarang meningkat.

Photo :
  • tvOne/Dewi Rina.

Sementara itu, Zainal Mahali mengungkapkan, omzetnya meningkat hingga 200 persen. Pedagang pasar Kota Bojonegoro itu mengatakan, dibanding tahun lalu, saat ini sudah tambah ramai mulai pertengahan bulan Ramadhan.

Prabowo Gelar Halal Bihalal Bareng 1.000 Pegawai Kemhan, Begini Pesannya

“Pada hari pekan sabtu dan minggu lebih ramai dibanding hari biasa, apalagi mendekati hari Lebaran malah berjubel kewalahan melayani pembeli,” kata Zainal.

Saat ini, lanjut dia, ada sedikit kendala terkait rencana pemindahan pasar Kota. "Sehingga pembeli banyak yang mengira sudah pindah, padahal masih di sini. Pembeli banyak yang belanja baju lebaran untuk bingkisan baju koko atau muslim hadiah buat karyawan,” imbuh Zainal.

Pengunjung pasar tradisional kebanyakan didatangi warga dari pelosok desa di Bojonegoro atau warga lokal yang hendak jalan-jalan di Kota mampir ke pasar untuk belanja baju Lebaran.

Rata-rata yang diburu pembeli adalah baju wanita dan anak-anak, atau yang paling mendominasi. Ramainya pengunjung pasar di Kota Bojonegoro membuat para pedagang semakin optimis tahun ini penghasilan mereka lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Apalagi pada lebaran tahun ini terdapat cuti bersama sehingga berpeluang untuk warga yang belanja semakin bertambah.

Laporan: tvOne/Dewi Rina

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya