Dirut Pertamina Pastikan Semua Kilang Beroperasi 100 Persen Penuhi Kebutuhan Mudik Lebaran

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati di PHR.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir atas segala insiden yang terjadi pada sejumlah kilang Pertamina dalam beberapa waktu terakhir.

Tokoh Hindu Sebut World Water Forum ke-10 Dapat Tingkatkan Perekonomian Warga Bali

Sebab, segala macam upaya antisipasi yang melibatkan auditor keselamatan internasional telah dilakukan, untuk meningkatkan aspek keamanan di kilang-kilang Pertamina baik kilang baru maupun kilang-kilang tua yang ada.

"Saya ingin menyampaikan agar masyarakat tidak terus khawatir. Kita di Pertamina tidak pernah diam. Pertamina melakukan improvement, jadi kita tetap optimis," kata Nicke dalam acara silahturahmi pemimpin redaksi bersama Pertamina, di Grha Pertamina, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Kilang Pertamina di Dumai PT KPI RU II yang mengalami Kebakaran Sabtu 1/4/2023

Photo :
  • ANTARA/HO-PT KPI RU II Dumai

"Jadi aset-aset tua yang kita kelola dapat kita kelola dengan baik dan nanti kita operasikan," ujarnya.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Karenanya, meskipun dirundung dengan sejumlah insiden yang terjadi di sejumlah kilangnya, Nicke memastikan jika seluruh kilang Pertamina saat ini siap dioperasikan 100 persen.

"Terkait dengan semua insiden ini, bagaimana semua kilang dan terminal kita, semua kilang kita hari ini siap dioperasikan 100 persen, dan ada tambahan kapasitas karena kita sudah selesai melakukan maintenance di Cilacap," kata Nicke.

Pertamina mengaktifkan Satgas RAFI 1444H pada 1 April - 2 Mei 2023

Photo :
  • Pertamina

Terlebih, lanjut Nicke, dengan upaya maintenance yang telah dilakukan Pertamina di Kilang Cilacap, produksi Pertamina pun dipastikan bakal lebih ditingkatkan sesuai permintaan, khususnya di musim mudik lebaran 2023 ini.

"Jadi kita bisa memproduksi gasoline dan avtur lebih banyak, dan ini diperlukan. Karena dengan 123,8 juta yang akan mudik, kebutuhan gasoline akan naik 10 persen, gasoil turun, tapi avtur naik," kata Nicke.

"Kita ingin memastikan bahwa tambahan kebutuhan ini tidak dari impor, tapi dari tambahan produksi kilang. Karenanya, kilangnya harus kita pastikan siap beroperasi dalam kondisi prima dan mundur lagi ke belakang perlu ada tambahan crude 1,6 juta barel," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya