Garuda Indonesia Tidak Tugaskan Pramugari Berjilbab di Penerbangan yang Sediakan Minuman Beralkohol

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.
Sumber :
  • Dok. Garuda Indonesia

VIVA Bisnis  – Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, memastikan pihaknya mendukung para pramugari Garuda Indonesia yang ingin menggunakan jilbab, dan tidak akan melarang mereka memakainya saat bertugas.

Pesawat Terbakar, Manajemen Garuda Pastikan Penumpang Jemaah Haji dari Makassar Selamat

"Garuda tidak pernah melarang awak kabin kita menggunakan hijab. Namun, karena pilihan, kita jarang melihat yang berhijab," kata Irfan dalam Media Gathering di Jakarta, Jumat, 14 April 2023.

"Tapi sekarang sudah banyak (pramugari yang memutuskan berjilbab), ya kita persilahkan," ujarnya.

Kemenag Minta Garuda Profesional, Jemaah Haji UPG-05 Gagal Terbang Akibat Mesin Pesawat Rusak

Garuda Indonesia.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia

Irfan juga memastikan, bahwa penempatan kerja para pramugari berjilbab itu juga akan diatur. Supaya tidak berada pada penerbangan yang menyediakan minuman beralkohol.

Pesawat Garuda Indonesia Bawa Jemaah Haji Asal Makassar Terbakar, Manajemen Buka Suara

Sebab, sebagaimana larangan di dalam ajaran Islam bahwa minuman beralkohol merupakan sesuatu yang diharamkan. Maka Garuda Indonesia juga tidak akan menempatkan para pramugari berjilbab tersebut ke dalam penerbangan yang masih menyediakan minuman beralkohol.

Tujuannya tak lain adalah supaya para pramugari berjilbab itu, bisa tetap menjaga akidahnya. Untuk menjauhkan diri dari memberikan layanan berupa minuman beralkohol tersebut kepada para penumpang yang memesan saat dalam penerbangan.

"Kami minta mereka untuk sama-sama menjaga akidah, kita tidak akan menugaskan mereka pada penerbangan yang masih menyediakan minuman beralkohol," kata Irfan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya