Awali Musim Haji 2023, Garuda Indonesia Terbangkan 1.932 Jemaah Haji

Calon jemaah haji Indonesia di Bandara Soetta
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada hari ini, Rabu, 24 Mei 2023, melaksanakan penerbangan haji perdana di tahun ini dengan mengangkut 1.932 calon jemaah Haji ke Tanah Suci.

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, keberangkatan para calon jemaah haji itu dilakukan melalui 12 penerbangan dari 5 kota di Indonesia ke Madinah.

"Yakni Solo-Madinah, Jakarta-Madinah, Medan-Madinah, Makassar-Madinah, serta Banda Aceh-Madinah," kata Irfan dalam keterangannya, Rabu, 24 Mei 2023.

Koordinasi dengan Maktab, KUH Komitmen Tingkatkan Layanan Jemaah Haji

Penerbangan perdana Haji 1444/2023 yang dilayani oleh Garuda Indonesia itu, ditandai dengan diberangkatkannya 393 orang calon jemaah Haji kloter I embarkasi Solo dari bandar udara Adi Soemarmo. Mereka pun dilayani dengan penerbangan GA 6101 pada pukul 00.30 WIB,  dan direncanakan akan tiba di bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, pada pukul 9.15 LT.

Jemaah haji asal Kota Tangerang diberangkatkan ke Asrama Haji Pondok Gede

Photo :
  • VIVA/Sherly
Kemenag Siapkan Skenario jika Bandara Minangkabau Tak Beroperasi akibat Erupsi Selama Masa Haji

Sementara itu, penerbangan Haji 1444/2023 kedua akan dilayani melalui embarkasi Jakarta, yang mengangkut sedikitnya 393 jemaah Haji dengan penerbangan GA 7301 pada pukul 00.40 WIB. Mereka direncanakan akan tiba di bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, pada pukul 06.30 LT.

Irfan mengatakan, komitmen penyelenggaraan penerbangan haji yang aman dan nyaman, sebelumnya telah direpresentasikan melalui serangkaian persiapan secara menyeluruh. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan kualitas layanan, operasional, dan aspek safety bagi seluruh masyarakat yang akan berangkat ke tanah suci, dapat terpenuhi dengan baik.

“Dipercaya untuk melayani penerbangan haji selama lebih dari enam dekade tentunya menjadi kehormatan dan bagian dari manifestasi kami sebagai national flag carrier, untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam memastikan perjalanan ibadah para jemaah dapat terlaksanakan dengan lancar," ujar Irfan.

Tahun ini, Garuda Indonesia akan melayani sebanyak 104.172 jemaah, yang akan diberangkatkan dari 9 (sembilan) embarkasi, yakni Aceh, Balikpapan, Banjarmasin, Jakarta, Lombok, Makassar, Medan, Padang, dan Solo. Adapun pelaksanaan penerbangan haji dari Indonesia menuju Tanah Suci akan dilaksanakan dalam dua fase. Fase 1 dengan tujuan Madinah yang akan berlangsung mulai 24 Mei hingga 7 Juni 2023. Sementara Fase 2 dengan tujuan Jeddah pada 8-22 Juni 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

Untuk mengoptimalkan seluruh rangkaian pelaksanaan penerbangan haji tersebut, Garuda Indonesia mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar. Terdiri dari 7 pesawat Boeing 777-300ER berkapasitas 393 penumpang, 4 pesawat Airbus A330-300 berkapasitas 360 penumpang, dan 3 pesawat Airbus A330-900 yang juga berkapasitas 360 penumpang.

"Garuda Indonesia juga terus melakukan berbagai penyesuaian layanan, untuk menghadirkan nilai tambah bagi para jemaah. Mengingat bahwa lebih dari 30 persen di antaranya merupakan calon jemaah lansia yang berusia di atas 65 tahun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya