Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus 220 Km/Jam, Maksimal 385 Km/Jam

Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Sumber :
  • Dok. PT KCIC.

Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal mulai beroperasi pada Agustus 2023 mendatang. Jelang operasional, sejumlah upaya uji coba pun terus dipacu, seiring penyempurnaan prasarana untuk peningkatan laju KCJB tersebut.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, dari target total speed atau puncak kecepatan teknis hingga 385 km/jam, saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam.

"Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia, yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi," kata Emir dalam keterangannya, Selasa, 13 Juni 2023.

Top Trending: Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya, Perang Dunia 3 Pecah di 2024

Kereta Cepat Jakarta Bandung KCIC.

Photo :
  • PT KAI

Karenanya, Emir memastikan bahwa saat ini pihaknya masih fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testing and commisioning KCJB secara internal, yang dilaksanakan kontraktor KCJB.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

"Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian," ujarnya.

Emir menjelaskan, pengujian itu dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Kecepatan Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan secara bertahap, hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Emir menjelaskan, paralel dengan pengujian yang dilakukan oleh kontraktor, KCIC juga terus berkordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, untuk mempersiapkan izin operasi KCJB. 

Saat ini juga tengah dilakukan focus group discussion antara KCIC, Kontraktor KCJB, Kemenhub, dan pihak terkait lainnya. Hal itu guna membahas persiapan pengujian dan mengumpulkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan, demi melengkapi persayaratan dari Kemenhub.

"Kami dengan Kemenhub saat ini sedang menyiapkan uji pertama kelaikan sarana dan prasarana KCJB sebagai bagian dari tahapan untuk mendapatkan ijin operasi. KCIC akan mematuhi dan mengikuti sepenuhnya regulasi yang ditetapkan Kemenhub," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya