Kementerian PUPR Bangun Memorial Living Park Rumah Geudong Pidie Aceh

Rencana pembangunan Memorial Living Park Rumah Geudong Pidie Aceh.
Sumber :
  • Kementerian PUPR.

Jakarta  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya akan membangun Memorial Living Park Rumah Geudong Pidie Aceh.

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

Pembangunan ini merupakan bagian dari program pemulihan oleh pemerintah, melalui pemenuhan hak-hak konstitusional para korban pelanggaran HAM berat masa lalu. Pembangunan tersebut dikoordinasi oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan, pemerintah berencana membangun Living Park di atas tanah, di atas lahan bekas tempat peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu Rumoh Geudong di Kabupaten Pidie, Aceh.

Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

“Kementerian PUPR membangun Living Park tentang Hak Asasi Manusia di lokasi Rumoh Geudong, yang di dalamnya ada masjid seperti yang diminta oleh para korban,” ujar Mahfud selaku Ketua Tim Pengarah Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran HAM Berat di Masa Lalu (PP-HAM), dalam keterangannya, Jumat, 30 Juni 2023.

Ganjar Pranowo: Saya Tidak Akan Bergabung di Pemerintahan

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan, saat ini progres pembangunannya baru pada tahap penyelesaian konsep desain, berupa Desain Panel, Maket, serta Konsep Video 3D Desain Living Park dan Masjid. Berdasarkan konsep desain sementara yang diterima,

Living Park diharapkan tidak mengingatkan keluarga korban pada trauma masa lampau serta jauh dari kesan suram

"Lingkup pekerjaannya mencakup gerbang masuk, pedestrian dan jalan, area parkir, taman dan Tugu Perdamaian, masjid dan plaza masjid, playground, hardscape dan softscape lainnya," kata Zainal.

Diketahui, nantinya di dalam living park itu juga akan terdapat masjid sebagai tempat untuk ibadah, serta taman yang dapat menjadi pusat edukasi, berkumpul, dan bermain untuk masyarakat.

Langgam desain dipastikan bakal memperhatikan kekhasan daerah Pidie, yang akan meliputi ornamen, masjid, taman dan sebagainya. Diharapkan, living park dan masjid selaras dengan lingkungan sekitar, sehingga masyarakat dapat melupakan peristiwa kelam yang terjadi di masa lampau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya