Awal Long Weekend Idul Adha, ASDP Catat Lonjakan Penumpang Capai 47 Ribu Orang

Pelabuhan ASDP.
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Jakarta –  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah bersiap untuk terus menghadapi arus penumpang dan kendaraan, selama periode libur panjang (long weekend) Hari Raya Idul Adha 1444 H mulai Rabu, 28 Juni hingga 2 Juli 2023.

20 Ribu Lebih Tiket Whoosh Ludes Terjual pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengatakan, libur long weekend Hari Raya Idul Adha ini bertepatan dengan momen libur anak sekolah pada bulan Juni. Sehingga memicu kenaikan arus penyeberangan khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni.

"Cabang Utama Merak dan Bakauheni naik, terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5-10 persen selama libur panjang Idul Adha 1444 H," kata Shelvy dalam keterangannya, Rabu, 28 Juni 2023.

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta

Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak di Banten.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Berdasarkan data Posko Merak, peningkatan arus terjadi pada Selasa, 27 Juni 2023. Dari total 28 armada kapal yang dioperasikan, jumlah total kendaraan yang telah diseberangkan mencapai 11.329 unit kendaraan.

808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

“Rinciannya yakni 5.475 unit kendaraan pribadi, 2.456 unit roda dua, 373 unit bus, dan 3.025 truk,” ujarnya.

Sementara total jumlah penumpang yang diseberangkan pada Selasa, 27 Juni 2023 mencapai 47.494 penumpang. Rinciannya yakni 4.037 orang penumpang pejalan kaki dan 4.357 orang penumpang dalam kendaraan. Jumlah ini mengalami peningkatan yang signifikan, dibandingkan dengan jumlah kendaraan biasanya yang hanya berkisar antara 5.000-8.000 unit kendaraan campuran pada hari-hari biasa.

"ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik selama masa panjang Idul Adha 1444 H. Dengan melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui Ferizy dan mengikuti petunjuk yang telah ditetapkan, kini masyarakat dapat menikmati perjalanan liburan feri yang aman, nyaman, dan lancar," kata Shelvy.

Dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa, Shelvy meminta agar pengguna jasa yang akan berlibur dengan kapal ferry, khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimamuk, untuk melakukan pemesanan tiket feri secara online melalui aplikasi Ferizy.

ASDP membuka penjualan tiket ferry sejak 60 hari sebelum keberangkatan, sehingga dihimbau agar masyarakat melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan untuk memastikan perjalanan yang lebih terjamin, aman, dan nyaman.

Kapal ASDP.

Photo :
  • Dokumentasi ASDP.

“Bagi pengguna jasa, pastikan sudah bertiket H-1 keberangkatan karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan,” ujarnya.

Ferizy, aplikasi resmi yang disediakan oleh ASDP, mempermudah pengguna dalam memilih jadwal keberangkatan, membeli tiket, dan melihat informasi terkait rute penyeberangan.

“Dengan melakukan pemesanan tiket secara online, pengunjung dapat menghindari antrean panjang di pelabuhan dan menjadikan perjalanan mereka lebih lancar dan nyaman,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya