Rumah Pemotongan Hewan Ditutup Paksa Ormas, Bapanas-Satgas Pangan Kawal Pasokan Ayam

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi
Sumber :
  • Bapanas

Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) buka suara, atas adanya insiden penutupan paksa Rumah Pemotongan Hewan Unggas (RPHU) Rawa Kepiting, Jakarta Timur pada 27 Juni 2023 lalu, oleh ormas tertentu. 

Angin Puting Beliung Ngamuk Robohkan 103 Rumah di Karimun

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, atas hal itu maka pihaknya bersama Satgas Pangan Polri akan mengawal ketersediaan dan pasokan ayam hidup di pasaran. 

"Tentunya kita menyayangkan insiden berujung kekerasan tersebut. Oleh karena itu, Satgas Pangan, Dinas KPKP DKI Jakarta, dan stakeholder terkait untuk berkoordinasi agar pemenuhan pasokan daging ayam di DKI Jakarta tetap berjalan dengan baik," kata Arief dalam keterangan Minggu, 2 Juli 2023. 

Penampakan Rumah di Lombok Utara yang Roboh Akibat Gempa Bumi

Ilustrasi unggas / ayam.

Photo :
  • Pixabay

Arief menuturkan, pihaknya mendorong agar upaya dialogis dapat dibangun antar stakeholder untuk menghadirkan titik temu terhadap dinamika ketersediaan dan stabilitas daging ayam. Bapanas, menurut Arief, juga mendukung langkah hukum yang ditempuh Pemprov DKI Jakarta terkait aksi penutupan paksa RPHU tersebut. 

3 Cewek Remaja Pelaku Perampokan Sadis di Bojonggede, Korban Disekap-Disemprot Obat Serangga

"Jakarta ini nett consumer, jika dilakukan penutupan paksa, dampaknya bukan saja pada kestabilan pasokan dan harga daging ayam, tapi pada kestabilan ekonomi. Karena berapa banyak masyarakat yang bergantung pada aktifitas ekonomi dari perdagangan daging ayam ini," ujarnya. 

Arief menjelaskan, berdasarkan pantauan Satgas Pangan AKP Sarjono per Sabtu (01/07/2023), aktivitas pemotongan di RPHU Rawa Kepiting perlahan kondusif dan kembali normal. Jumlah pemotongan mencapai 8.532 ekor per hari, meskipun belum sepenuhnya mencapai angka normal sekitar 30 ribu ekor per hari. 

“Hari ini pemotongan sudah mulai kembali normal dan tentunya kita harapkan ke depannya tidak mengganggu pasokan daging ayam khususnya di DKI Jakarta,” ungkapnya. 

Adapun berdasarkan Panel Harga Pangan NFA, rata-rata harga daging ayam ras di Provinsi DKI Jakarta dalam sepekan terakhir berada di Rp 38.746 per Kg, lebih rendah 74 poin dari rata-rata harga daging ayam ras nasional di kisaran Rp 38.820 per Kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya