Rupiah Melemah Pagi Ini, Potensi Penguatan Besar Terdorong Sejumlah Faktor

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta –  Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Selasa pagi, 4 Juli 2023. Terpantau pukul 09.17 WIB rupiah melemah sebesar 16 poin atau 0,06 persen ke posisi Rp 15.046 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.030 per dolar AS.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.034 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih berpotensi menguat pada hari ini.

Indonesia dan UEA Sepakat Tinggalkan Dolar AS Dalam Transaksi Bilateral

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Rupiah masih berpotensi menguat lagi terhadap dolar AS tapi mungkin tidak terlalu jauh. Data PMI manufaktur AS bulan Juni yang dirilis semalam turun ke level terendah sejak bulan Mei 2020," kata Ariston kepada VIVA, Selasa, 4 Juni 2023.

AirAsia Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 6,62 Triliun pada Tahun 2023

Ariston mengatakan, dengan hal itu maka akan mendukung pelemahan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya. Namun, di sisi lain, pelaku pasar terlihat masih membutuhkan tambahan data untuk mengkonfirmasi bahwa Bank Sentral AS akan melonggarkan kebijakan pengetatan moneternya.

Nilai Tukar Rupiah Dollar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Selain itu, sentimen pasar terlihat tidak positif pagi ini dimana indeks saham Asia bergerak turun di pembukaan pasar. Ini bisa menahan penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," ujarnya.

Adapun pada hari ini mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat ke arah Rp 15.000. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.080.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya