Pemanfaatan EBT di RI Baru 0,5 Persen, Sri Mulyani: Itu Memalukan Pak, Tidak Sampai 1 Persen!

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung perihal pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia masih sangat rendah. Hingga saat ini, EBT baru dimanfaatkan 0,5 persen dari total potensinya.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Menurut Sri, itu adalah hal yang memalukan. Hal tersebut diungkapkan Sri di depan para pengusaha pengembang listrik energi hijau hingga pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam acara 11 Tahun Indonesia EBTKE Conex.

"Sekarang ini baru 0,5 persen dari potensi yang kita miliki, 0,5 persen Pak Hilmi (Direktur Utama Medco Energy International) itu memalukan itu Pak, tidak sampai 1 persen. Pak Dirjen (Kementerian ESDM) deh, nanti DPR dorong-dorong terus Menteri ESDM," kata Sri Mulyani, Rabu, 12 Juli 2023.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Presiden Joko Widodo berdiri di bawah kincir PLTB Sidrap.

Photo :
  • istimewa

Bendahara Negara menjelaskan, padahal Indonesia sendiri memiliki banyak potensi energi baru dan terbarukan. Mulai dari dari air, geothermal, hingga lainnya.

Profesor Ilmu Politik Sayangkan jika Sri Mulyani Jadi Calon Kepala Daerah

"Dan untuk bisa mengembangkan setiap dari potensi itu punya masing-masing karakternya. Ada yang membutuhkan investment cost di depan yang besar seperti geothermal, ada juga aspek lingkungan yang harus kita jaga," jelasnya.

Sri Mulyani menekankan, pihaknya dalam hal ini Kementerian Keuangan akan terus mendengarkan agar kebijakan atau policy mampu untuk mewujudkan EBT yang lebih besar lagi.

"Ujung-ujungnya banyak anda minta fasilitas pajak, subsidi, risiko diambil. Jadi kalau pajak enggak, pajak dikasih risikonya di saya, ya anda menjalankan usahanya enak, enggak deng, enggak enak, susah juga sih, pasti, tetap," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya